Comscore Tracker

Pemprov Banten Kejar Pembangunan Stadion Berstandar FIFA

Direncanakan akhir tahun selesai

Jakarta, IDN Times - Rencananya, masyarakat Provinsi Banten pada akhir tahun ini sudah bisa menikmati stadion bertaraf internasional yang terletak di Kawasan Sport Center Provinsi Banten, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang.

Gubernur Banten Wahidin Halim menjelaskan bahwa pembangunan stadion sudah mencapai 55,9 persen. Stadion berstandar internasional milik Pemerintah Provinsi Banten ini dirancang mempunyai 5 lantai dengan kapasitas 38 ribu penonton. Stadion tersebut berdiri di lahan seluas 78.116 meter persegi.

1. Impor rumput dari Italia

Pemprov Banten Kejar Pembangunan Stadion Berstandar FIFAGubernur Banten Wahidin Halim saat meninjau stadion bertaraf internasional yang terletak di Kawasan Sport Center Provinsi Banten, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang pada Kamis, (8/7/2021). (Dok. Pemprov Banten)

Lebih lanjut Wahidin mengatakan, stadion dibangun dengan mengikuti standar Federation Internationale de Football Association (FIFA). Ia menyebut, rumput yang digunakan adalah jenis rumput zoysia matrella, yang diimpor dari Italia dan merupakan jenis rumput lapangan sepak bola standar FIFA. 

Ia juga mengaku, semenjak menjadi manajer Persita dan Ketua Persikota, dirinya memimpikan Banten memiliki stadion yang memenuhi standar FIFA untuk kemajuan sepak bola dan olahraga di Banten.

Perlu diketahui, fasilitas tersebut adalah sport center sekaligus stadion berstandar internasional pertama di Banten. Wahidin menjelaskan, pemilihan Kota Serang sebagai lokasinya, karena kota itu memiliki lokasi strategis dan sebagai upaya memajukan Ibu Kota Provinsi Banten dari ketertinggalan.

Baca Juga: Akhir Mei, Pempov Banten Kembalikan Kas Daerah ke Bank Banten

2. Disiapkan untuk penyelenggaraan ajang olahraga

Pemprov Banten Kejar Pembangunan Stadion Berstandar FIFAStadion Sport Center Banten. (instagram.com/stadion.banten)

Wahidin juga mengatakan, sport center tersebut disiapkan sebagai arena olahraga yang memenuhi standar untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga ajang olahraga tingkat Asia. 

Rencananya, Pemprov Banten akan menyelesaikan pembangunan Stadion Banten pada Desember 2021. Dalam kunjungannya, pada Kamis, (8/7/2021), Wahidin optimistis pembangunan bisa selesai pada tahun ini.

“Doakan Provinsi Banten akan memiliki stadion yang megah dan akan menjadi fasilitas olahraga di wilayah barat yang memadai,” tuturnya.

3. Arena olahraga lainnya juga dibangun

Pemprov Banten Kejar Pembangunan Stadion Berstandar FIFAStadion Sport Center Banten. (instagram.com/stadion.banten)

Stadion Banten menjadi awal pembangunan Sport Center Banten di Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang. Setelah stadion, selanjutnya akan dibangun arena olahraga lainnya seperti lapangan voli, softball, bulu  tangkis, hingga fasilitas pendukung seperti danau. 

Selain itu, Wahidin juga mengatakan stadion akan dilengkapi lintasan atletik dengan lima lintasan lari. 

"Stadion ini nantinya juga multifungsi untuk kegiatan lain," ungkapnya. (Adv)

Baca Juga: Pemprov Banten Bikin Polling Nama Stadion Baru Nih 

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya