Sekda Garut Hadiri Puncak Penanaman Pohon Mangrove Nasional

Bagian dari peringatan HUT ke-77 KODAM III/Siliwangi

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menghadiri acara puncak Penanaman Pohon Mangrove Nasional di Pantai Karang Paranje, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Minggu (15/5). 

Pembukaan acara dengan tema "Mangrove For Better Life” tersebut ditandai dengan penanaman sebanyak 300 pohon oleh Sekda dan seluruh undangan yang hadir.

1. Instruksi langsung dari Panglima TNI

Sekda Garut Hadiri Puncak Penanaman Pohon Mangrove Nasionalilustrasi penanaman mangrove (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Nurdin Yana mengatakan, penanaman ini merupakan instruksi langsung dari Panglima TNI Republik Indonesia, Laksamana Yudo Margono, dan ditindaklanjuti oleh Komandan Distrik Militer (Kodim) 0611/Garut, sebagai upaya penanganan terhadap kondisi laut agar terhindar dari kondisi abrasi. 

"Kami atas inisiasi Kodim melaksanakan hal yang serupa, jadi seremonialnya launching-nya di pusat, kemudian kita serempak melaksanakan kegiatan penanaman mangrove ini," ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi stimulan agar masyarakat serta pihak lainnya bisa melakukan hal yang sama, sehingga bisa memberikan kekuatan terhadap tanah yang ada di pantai agar tidak mudah bergeser.

Baca Juga: 5 Program Unggulan Pemprov Jabar, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

2. Aktif jalankan program penanaman pohon

Sekda Garut Hadiri Puncak Penanaman Pohon Mangrove NasionalIlustrasi kawasan mangrove (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Selain itu, lanjut Nurdin Yana, karena mangrove merupakan tempat berkembang biaknya ikan, pihaknya berharap mangrove ini bisa tumbuh subur agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Nurdin mengungkapkan, pihaknya bersama TNI dan Polri senantiasa melakukan program penanaman pohon, khususnya di sekitar jalan yang rawan terkena bencana longsor.

"Ini komando langsung oleh Panglima TNI, semoga menjadi gerakan yang masif," ucapnya.

3. Dalam rangka menyambut HUT ke-77 KODAM III/Siliwangi

Sekda Garut Hadiri Puncak Penanaman Pohon Mangrove NasionalIlustrasi kawasan mangrove (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Total penanaman mangrove yang dilaksanakan di Kabupaten Garut yaitu sebanyak 1.300 pohon, yang dibagi dua sesi yaitu sesi pertama sebanyak 1.000 pohon dilakukan pada Minggu (14/5), sedangkan pada seremonial dilakukan penanaman sebanyak 300 pohon.

Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Komando Daerah Militer (KODAM) III/Siliwangi yang jatuh pada 20 Mei mendatang.

Selain kegiatan penanaman pohon, dilaksanakan pula pengobatan massal kepada warga sekitar Pantai Karang Paranje, karya bakti melaksanakan pembersihan dan pembangunan sarana di Masjid yang ada di Desa Karyasari, donor darah pada 17 Mei 2023, serta Bakti Sosial (Baksos) pemberian makanan tambahan kepada 75 balita stunting yang berada di wilayah KoramilKoramil 1102/Karangpawitan. (WEB)

Baca Juga: Pemprov Jabar Beri Banyak Dukungan ke Pemerintah Desa, Apa Saja?

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya