Comscore Tracker

Buruh KSPI Ancam Lakukan Aksi Boikot Indomaret Mulai Hari Ini

Boikot Indomaret terus dilakukan hingga Anwar Bessy bebas

Jakarta, IDN Times - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendukung upaya boikot yang bakal dilakukan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) terhadap Indomaret, pada Kamis (27/5/2021).

Presiden KSPI Said Iqbal menyatakan kampanye boikot bakal dilakukan di depan PT Indomarco Prismatama, selaku perusahaan pengelola Indomaret.

"Kampanye boikot Indomaret dimulai dengan dilakukannya aksi pada Kamis, 27 Mei 2021 di depan perusahaan PT Indomarco Prismatama yang ada di Jakarta Utara," kata Iqbal, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Kenapa Gerai Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan?

1. Aksi boikot sebagai lanjutan dari kasus yang menimpa Anwar Bessy, salah satu pekerja Indomaret

Buruh KSPI Ancam Lakukan Aksi Boikot Indomaret Mulai Hari IniPresiden KSPI Said Iqbal (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Iqbal menjelaskan, aksi atau kampanye boikot Indomaret tersebut tidak hanya berlangsung selama satu hari, melainkan akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

KSPI dan FSPMI siap melakukan kampanye boikot Indomaret terus-menerus di seluruh Indonesia hingga Anwar Bessy, salah satu pekerja Indomaret dibebaskan dari penjara.

"Setelah aksi 27 Mei, maka hari-hari selanjutnya akan dilakukan kampanye boikot Indomaret di seluruh Indonesia, apabila Anwar Bessy tidak dibebaskan," kata Iqbal.

Sebagai informasi, Anwar Bessy selaku karyawan PT Indomarco Prismatama di Jakarta Utara tengah menunggu persidangan di PN Jakarta Utara.

Hal itu terjadi setelah Indomaret melaporkan Anwar ke kepolisian lantaran dianggap merusak dinding gypsum tempat dia bekerja. Anwar melakukan hal tersebut sebagai bentuk protes meminta pembayaran tunjangan hari raya (THR) 2020 secara penuh.

2. Indomaret disebut bakal kehilangan penjualan selama aksi boikot terjadi

Buruh KSPI Ancam Lakukan Aksi Boikot Indomaret Mulai Hari IniIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Lebih lanjut, Iqbal mengatakan, Indomaret bakal kehilangan banyak penjualan jika aksi boikot benar-benar dilakukan mengingat ada 2,2 juta anggota KSPI yang tersebar di 30 provinsi, dan lebih dari 300 kabupaten/kota siap turun ke lapangan.

Di sisi lain, FSPMI yang berjumlah 250 orang di 24 provinsi dan lebih dari 200 kabupaten/kota juga turut ikut aksi boikot Indomaret.

"Bisa dipastikan akan terjadi loss penjualan produk Indomaret, karena buruh dalam beberapa hari ke depan akan menjalankan rencana boikot tersebut," klaim Iqbal.

3. Enam rencana kegiatan kampanye boikot Indomaret

Buruh KSPI Ancam Lakukan Aksi Boikot Indomaret Mulai Hari IniIDN Times/Linda Juliawanti

Iqbal juga mengungkapkan, ada enam kegiatan rencana kampanye boikot Indomaret yang akan dilakukan KSPI dan FSPMI. Pertama, melakukan aksi berkesinambungan di depan kantor-kantor Indomaret di seluruh Indonesia.

Kedua, melakukan aksi buruh dengan membentangkan spanduk dan poster di ratusan toko Indomaret, dengan tulisan boikot produk Indomaret dan tidak berbelanja di toko-toko minimarket itu.

"Kami akan menggalang aksi solidaritas buruh dari perusahaan lain untuk melakukan aksi di toko-toko Indomaret," kata Iqbal.

Ketiga, lanjut Iqbal, organisasinya akan mengeluarkan instruksi agar anggota KSPI dan FSPMI tidak berbelanja di Indomaret di seluruh Indonesia, selama Anwar Bessy belum dibebaskan dan hak-haknya tidak diberikan.

Keempat, melakukan kampanye internasional di sidang International Labour Organizaton (ILO) pada Juni 2021, dengan tema Indomaret sebagai perusahaan ritel terbesar di Indonesia mengabaikan hak-hak buruh dan mengkriminalisasi buruhnya.

Kelima, melakukan aksi di kantor-kantor instansi pemerintah untuk menyuarakan agar Anwar Bessy dibebaskan. Terakhir, buruh akan melakukan aksi terus-menerus di kantor bursa efek di Jakarta.

"Itu karena Indomaret Group adalah perusahaan terbuka sehingga berkewajiban, salah satunya memenuhi hak-hak buruh, termasuk membuat perjanjian kerja bersama atau PKB," kata Iqbal.

Selain keenam hal tersebut, Iqbal menyatakan, KSPI dan FSPMI juga akan melakukan langkah-langkah lain yang akan diputuskan kemudian.

"Semua kegiatan akan dilakukan oleh KSPI dan FSPMI dengan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku dan standar protokol kesehatan sesuai arahan Satgas COVID-19," ungkapnya.

4. Tuntutan KSPI kepada Indomaret Group

Buruh KSPI Ancam Lakukan Aksi Boikot Indomaret Mulai Hari IniAksi unjuk rasa KSPI menolak pembahasan Omnibus Law RUU CIptaker di depan Gedung DPR, Senin (3/8/2020) (Dok. IDN Times/KSPI)

Oleh karena itu, Iqbal melalui KSPI meminta kepada pemilik Indomaret Group untuk berlaku adil dan bijaksana kepada buruhnya, yaitu membuat Perjanjian Kerja Bersama (PKB) di seluruh perusahaan Indomaret Group di seluruh Indonesia.

Kemudian, membebaskan Anwar Bessy dan pekerja Indomaret lainnya dari tindakan kriminalisasi, melakukan rapat bipartit secara berkala antara managemen Indomaret Group dengan serikat pekerja Indomaret, guna membahas segala persoalan yang terkait dengan kesejahteraan buruh dan ketenagakerjaan.

"Tentu KSPI bersyukur dengan masuknya salah satu pemegang saham Indomaret Group yang menurut Majalah Forbes 2019 adalah salah satu orang terkaya di Indonesia. Namun demikian, akan lebih bijaksana apabila secara bersamaan, pemilik Indomaret meningkatkan kesejahteraan para pekerjanya dengan melibatkan negosiasi bersama serikat pekerja serta tidak membawa persoalan rusaknya dinding gypsum ini ke ranah hukum," kata Iqbal.

5. Pihak Indomaret membantah menunggak pembayaran THR kepada karyawannya

Buruh KSPI Ancam Lakukan Aksi Boikot Indomaret Mulai Hari Iniindomaret.co.id

Di sisi lain, PT Indomarco Prismatama yang diwakili oleh Direktur Pemasaran Wiwiek Yusuf membantah melakukan penunggakan pembayaran THR kepada karyawannya.

Kewajiban pemenuhan pembayaran THR karyawannya tersebut bahkan sudah berlangsung selama 30 tahun lamanya.

"Hak mereka diberikan sesuai peraturan pemerintah," kata Wiwiek, seperti dikutip IDN Times dari ANTARA.

Baca Juga: Penjualan Alfamart dan Indomaret Turun 40 Persen, Gara-gara PPKM? 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya