Lalu Lintas Padat, Kapasitas Lajur Contraflow di Tol Japek Ditambah

Kepadatan terjadi di Tol Jakarta-Cikampek

Jakarta, IDN Times - Petugas menambah kapasitas lajur contraflow di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Hal itu dilakukan lantaran tingginya volume lalu lintas yang terjadi pada saat arus balik Lebaran, Minggu (14/4/2024) malam.

Contraflow sebelumnya dilakukan di dua lajur dari KM 70 sampai KM 47 di ruas tol tersebut. Adapun rekayasa lalu lintas (lalin) itu diterapkan sejak Minggu siang pukul 13.14 WIB.

"Selanjutnya atas diskresi pihak kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan penambahan kapasitas lajur contraflow menjadi tiga lajur dari KM 66 sampai KM 47 arah Jakarta mulai pukul 20.08 WIB," kata VP Corporate Secretary and Legal JTT, Ria Marlinda Paallo, dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Korlantas Optimalkan Arus Balik Lebaran di Jalur Contraflow Japek

1. Imbauan kepada pengemudi sebelum masuk lajur contraflow

Lalu Lintas Padat, Kapasitas Lajur Contraflow di Tol Japek DitambahIlustrasi - Suasana tol Jakarta-Cikampek pada H-4 Lebaran, Minggu (7/4/2024). (IDN Times/Fadhliansyah)

Di sisi lain, Ria mengimbau pengendara agar tidak masuk ke lajur contraflow apabila dalam kondisi lelah. Pengendara diminta beristirahat di rest area terdekat.

"Pengendara juga diimbau tidak mendahului kendaraan di lajur contraflow dan tidak berkendara secara zigzag serta menyalakan lampu kendaraan pada siang hari saat memasuki lajur contraflow," ujarnya.

Baca Juga: Oneway Arus Balik Berlaku hingga Cipali, Contraflow Sampe Tol Japek

2. Arus lalin di Tol Jakarta-Cikampek padat

Lalu Lintas Padat, Kapasitas Lajur Contraflow di Tol Japek DitambahIlustrasi - Rest Area KM 57 tol Jakarta-Cikampek (IDN Times/Fadhliansyah)

Sebelumnya, arus lalin menuju Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek padat pada Minggu (14/4/2024). Antrean kendaraan terlihat di sekitar rest area.

"Antreannya cukup panjang untuk masuk rest area," kata seorang pemudik yang menuju Jakarta, Aminudin, di rest area KM 42 Jalan Tol Jakarta Cikampek, dikutip dari ANTARA Minggu.

Aminudin mengatakan, para pengendara yang dapat masuk ke rest area juga kesulitan mencari ruang kosong untuk parkir.

Aminudin menyebut, antrean kendaraan yang hendak masuk rest area KM 42 jalan Tol Jakarta-Cikampek cukup panjang pada Minggu sore.

Antrean kendaraan meluber ke bahu jalan tol dan membuat arus lalu lintas tersendat. Apalagi, ada banyak kendaraan yang keluar dari rest area.

Baca Juga: Arus Mudik Lebaran Normal, Contraflow di Tol Japek Dihentikan

3. 198.063 kendaraan lewat GT Cikampek Utama

Lalu Lintas Padat, Kapasitas Lajur Contraflow di Tol Japek DitambahGerbang Tol Cikampek Utama (Dok Jasa Marga)

Di sisi lain, Ria menyampaikan bahwa sebanyak 198.063 kendaraan masuk dari wilayah timur TransJawa melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama pada H+1 dan H+2.

Jumlah kendaraan yang melewati GT Cikampek Utama itu naik 93,45 persen dibandingkan lalu lintas normal, sebanyak 102.385 kendaraan.

Sementara itu, kendaraan menuju wilayah Timur TransJawa sebanyak 191.785 kendaraan. Jumlah itu naik 75,14 persen dari lalu lintas normal, sebanyak 109.501 kendaraan.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya