Menko PMK Pastikan Lalu Lintas Tol Japek Ramai Lancar Selama Nataru

Ada kenaikan intensitas kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengungkapkan, kondisi lalu lintas di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir setelah melihat sejumlah pantauan kamera CCTV yang diakses lewat Command Center PJR Korlantas Polri di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek pada Senin, 25 Desember 2023.

Kendati ramai lancar, Muhadjir menyatakan ada kenaikan intensitas kendaraan yang melewati jalur tol tersebut dibandingkan pada libur Nataru sebelumnya.

“Kondisi lalu lintas lancar tidak ada kendala yang cukup berarti. Memang ada kenaikan dibanding Natal tahun lalu, tetapi masih bisa diatasi,” ujar Muhadjir dalam keterangannya, dikutip Selasa (26/12/2023).

Baca Juga: Menanti Berkah Libur Nataru di Monas

1. Tinjauan di GT Cikampek Utama

Menko PMK Pastikan Lalu Lintas Tol Japek Ramai Lancar Selama NataruGerbang Tol Cikampek Utama. (dok. Jasa Marga)

Muhadjir pun kemudian melanjutkan tinjauannya hingga ke Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama di KM 70 ruas Tol Jakarta-Cikampek. Pada titik tinjauan ini, Muhadjir melihat situasi ruas tol di kedua arah masih lengang.

Adapun berdasarkan laporan Pos Pantau Jasa Marga di lokasi tersebut, belum dijumpai kepadatan yang berarti di sepanjang ruas tol Jakarta hingga Kalikangkung.

Baca Juga: Pelindo Multi Terminal Siap Kawal Arus Logistik Selama Nataru

2. Imbauan Muhadjir kepada pemudik

Menko PMK Pastikan Lalu Lintas Tol Japek Ramai Lancar Selama NataruPemudik asal Bekasi menyantap hidangan bekal berbuka puasa di dalam mobil depan rest area KM 429A Ungaran yang padat, Tol Semarang-Solo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (20/4/2023). Sejumlah pemudik mengaku membawa perbekalan buka puasa sebagai upaya menghemat biaya perjalanan mudik serta untuk menghindari antrean pesanan tempat makan di rest area. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Muhadjir pun mengimbau kepada para pemudik agar berhati-hati selama di perjalanan. Muhadjir menyarankan pemudik memeriksa kendaraan sebelum berangkat demi memastikan keselamatan saat berkendara, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

“Jangan sembrono, jangan dianggap enteng kalau nanti ada gangguan dan masalah dari kendaraan. Oleh karena itu, dicek betul kondisi ban, bahan bakar, mesin, semua dicek betul agar kondisi kendaraan prima,” tegas Muhadjir.

Baca Juga: Libur Nataru, Bandara Soekarno-Hatta Layani 1 Juta Penumpang

3. Tempat wisata sudah dipadati masyarakat

Menko PMK Pastikan Lalu Lintas Tol Japek Ramai Lancar Selama NataruMenko PMK, Muhadjir Effendy kunjungi objek wisata Wonderland Waterpark Adventure di Karawang (dok. Kemenko PMK)

Selain mengecek kondisi lalu lintas, Muhadjir juga mampir ke objek wisata Wonderland Adventure Waterpark di Karawang, Jawa Barat. Dalam kunjungannya tersebut, Muhadjir melihat masyarakat mulai memadati tempat wisata itu.

“Saya lihat masyarakat telah memadati objek-objek wisata. Jumlahnya sudah mencapai dua kali lipat dibanding hari biasa. Bukan hanya di objek wisata Wonderland ini, tetapi saya juga dilaporkan kalau Ancol dan Puncak Bogor sudah padat. Saya sarankan untuk masyarakat cermat memilih tempat wisata agar terhindar dari kepadatan,” ucap Muhadjir.

Setelah itu, Muhadjir melihat persiapan ibadah umat Kristiani dalam rangka perayaan Natal 2023 di Gereja Immanuel Karawang. Kepada pengurus gereja, Muhadjir berharap umat Kristiani dapat merayakan ibadahnya dengan khidmat dan senantiasa mendapat cinta kasih serta kedamaian dari Tuhan.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya