Comscore Tracker

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Jokowi: Mari Bersabar dan Menahan Diri

Kesehatan dan keselamatan jadi hal terpenting

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta segenap masyarakat Indonesia untuk bersabar dan menahan diri dalam merayakan Idul Fitri 1442 H yang jatuh pada esok hari atau Kamis (13/5/2021).

Ucapan tersebut disampaikan Jokowi lantaran bangsa Indonesia masih harus berhadapan dengan pandemik COVID-19 pada Lebaran tahun ini.

"Idul Fitri tahun ini kita masih harus berhadapan dengan pandemik COVID-19. Kita juga masih harus bersabar dan menahan diri karena tidak bisa bersilaturahmi secara langsung, secara tatap muka dengan keluarga dan handai taulan," kata Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: Ditemani Kaesang, Jokowi-Iriana Rayakan Lebaran di Istana Bogor

1. Pandemik COVID-19 membuat semua tidak punya pilihan

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Jokowi: Mari Bersabar dan Menahan DiriSeorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jokowi mengakui bahwa hal itu sangatlah berat mengingat Lebaran identik dengan tradisi bertemu keluarga, baik untuk sekadar bertemu tatap muka maupun untuk bermaaf-maafan.

Namun, di sisi lain, mantan Wali Kota Solo tersebut juga mengaku hal tersebut menjadi sebuah keputusan yang mau tidak mau mesti dilakukan bangsa Indonesia.

"Memang hal itu sangatlah berat, tetapi kita tidak punya pilihan kita harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan kita semua. Ya kita semua agar segera mungkin kita dapat terbebas dari pandemik. Dari Istana Kepresidenan Bogor, saya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Masih Pandemik, Gibran Sungkeman Daring dengan Jokowi Saat Lebaran

2. Idul Fitri jadi momentum kemenangan melawan pandemik

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Jokowi: Mari Bersabar dan Menahan DiriIlustrasi Idulfitri (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam ucapannya tersebut, Jokowi juga berharap agar Idul Fitri 1442 Hijriah yang jatuh esok hari bisa menjadi kesempatan bagi bangsa Indonesia memenangi perang melawan pandemik COVID-19 yang sudah berlangsung selama dua tahun terakhir.

"Semoga di hari kemenangan ini menjadi momentum bagi kita semua, bangsa Indonesia untuk bangkit dan menang melawan pandemik COVID-19," tuturnya.

3. Jokowi-Iriana rayakan Lebaran di Istana Bogor

Ucapkan Selamat Idul Fitri, Jokowi: Mari Bersabar dan Menahan DiriTwitter.com/kaesangp

Sementara itu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dipastikan akan berlebaran di Istana Bogor bersama dengan putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

Jokowi-Iriana tak bisa berlebaran dengan putra sulungnya, Gibran Rakabuming yang harus berada di Solo dan putri keduanya, Kahiyang Ayu yang harus harus menemani suaminya di Medan.

"Iya (presiden hanya merayakan Lebaran dengan Kaesang)," tutur Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: 10 Ide Style Lebaran dengan Setelan, Pilihan Modis nan Minimalis

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya