Gempa Guncang Jayapura, 4 Orang Meninggal Dunia

5 unit rumah terbakar

Timika, IDN Times - Gempa berkekuatan 5,4 magnitudo yang terjadi di Kota Jayapura, Papua, telah memakan korban nyawa hingga empat orang, kejadian tersebut terjadi di salah satu Cafe di Ruko Permai Dok II karena rumah makannya ambruk ke laut.

Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Victor D. Mackbon, saat dikonfirmasi di lokasi kejadian, Kamis (9/2/2023) sore.

1. Polair dan TNI-AL bersama bantu evakuasi korban

Gempa Guncang Jayapura, 4 Orang Meninggal DuniaPersonil Polair dan Lantamal Jayapura melakukan evakuasi korban, IDN Times/ Istimewa

Kapolresta KBP Victor Mackbon mengatakan, tujuh korban berhasil dievakuasi oleh tim gabungan dari Polair dan Lantamal X Jayapura sementara 4 orang meninggal dunia.

"Tapi untuk informasi tersebut akan kami pastikan kembali dengan mengecek identitas korban di rumah sakit," kata Kombes Victor.

Selain mengalami kerusakan dan menelan korban jiwa, sebanyak 5 Unit rumah terbakar. 

"Selain kejadian di Cafe ini, di Hamadi Rawa juga terjadi kebakaran lima petak rumah namun sudah langsung dipadamkan oleh petugas," kata Kapolresta.

Baca Juga: Kafe Roboh ke Laut Saat Gempa Guncang Jayapura Papua, 4 Orang Tewas

2. Warga diminta waspada, gempa cukup intens

Gempa Guncang Jayapura, 4 Orang Meninggal DuniaKapolresta Jayapura, Kombes Pol. Victor Mackbon, IDN Times/ Istimewa

Lebih lanjut kata KBP Victor Mackbon, pihaknya berharap masyarakat untuk tetap waspada, gempa yang terjadi cukup intens, tetap waspada namun jangan panik.

"Bila bangunan sudah retak silakan evakuasi diri ke tempat yang lebih aman. Bagi masyarakat yang ingin melakukan aktivitas di pinggir pantai agar dihindari, mari kita belajar dari pengalaman yang sudah ada," jelas Kombes Victor.

3. Polisi masih data kerugian material maupun korban jiwa

Gempa Guncang Jayapura, 4 Orang Meninggal DuniaPersonil Polair dan Lantamal Jayapura saat mengevakuasi korban, IDN Times/ Istimewa

Kapolresta juga menambahkan, pihaknya masih mendata kerugian yang terjadi akibat gempa yang melanda Kota Jayapura pada pukul 15.28 dengan skala 5,4 magnitudo.

"Tetap waspada namun jangan panik," pungkas Kombes Victor. 

Baca Juga: BMKG: Ada 1.079 Gempa di Jayapura sejak 2 Januari 2023

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya