Kapolda Papua Tegaskan Tidak Akan Mundur Hadapi KKB

Negosiasi pemerintah dan para tokoh sedang berjalan

Timika, IDN Times - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menegaskan, aparat TNI-Polri siap dan tidak akan mundur dalam menghadapi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pimpinan Egianus Kogoya di Nduga, Papua Pegunungan, yang terus melakukan teror di Papua.

Fakhiri menegaskan hal ini saat diwawancarai di Lobby Utama Mako Brimob Batalyon B Pelopor Mimika Mile 32, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Rabu (15/2/2023).

Dia menjelaskan, pihaknya tidak akan memberikan kesempatan kepada kelompok kriminal bersenjata yang selalu mengganggu keamanan dan menghambat pembangunan di Papua.

“Aparat TNI-Polri siap, kita tidak akan mundur dengan siapapun mereka,” tegas Fakhiri. 

Baca Juga: Pilot Susi Air Masih Disandera KKB, TNI-Polri Siapkan Tim Evakuasi

1. Polri upayakan semaksimal mungkin penyelamatan pilot Susi Air

Kapolda Papua Tegaskan Tidak Akan Mundur Hadapi KKBKapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D Fakhiri didampingi Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Ramdani saat memberikan keterangan pers, IDN Times/ Istimewa

Orang nomor satu di Polda Papua itu mengatakan, dari awal Polri telah berupaya semaksimal mungkin untuk bisa menyelamatkan pilot Susi Air Capt. Phillps Mark Marthens, yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Upaya penyelamatan yang dilakukan Polri melalui Satgas Damai Cartenz yang sudah kita siapkan ini bisa maksimal, dan mudah-mudahan mendapat hasil yang juga sangat baik,” ucap Fakhiri.

2. Perlu peran pemuka agama, tokoh masyarakat dan kepala daerah

Kapolda Papua Tegaskan Tidak Akan Mundur Hadapi KKBPj. Bupati Kabupaten Nduga Namia Gwijangge didampingi petinggi TNI Polri di Papua saat memberikan keterangan pers di Pelayanan Polres Mimika, IDN Times/ Ricky Lodar

Lebih lanjut, Fakhiri mengatakan, pemuka agama dan tokoh masyarakat termasuk bupati berperan melakukan pendekatan kepada Kelompok Kriminal Bersenjata, bukan hanya TNI dan Polri.

“Kami yakin dan percaya sentuhan dari masyarakat itu bisa mengubah keputusan mereka, mudah-mudahan mereka luluh dan kita bisa dapat apa yang diinginkan, serta penyelamatan pilot Susi Air itu bisa kita lakukan,” ujarnya.

3. Polda Papua catat 65 kejahatan yang dilakukan Egianus Kogoya

Kapolda Papua Tegaskan Tidak Akan Mundur Hadapi KKBPimpinan KKB wilayah Nduga, Egianus Kogoya, IDN Times/ Istimewa

Di tempat yang sama, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, kelompok Egianus Kogoya telah melakukan aksi kejahatan sebanyak 65 kali dengan jumlah korban meninggal dunia 46 jiwa, terdiri dari 34 warga sipil dan 12 aparat keamanan. Sedangkan untuk korban luka-luka sebanyak 42 orang, 11 sipil dan 31 aparat keamanan.

“Kejahatan yang dilakukan tersebut diketahui terdiri dari 33 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, 8 aksi penyerangan, 1 aksi pembantaian, dan 2 aksi pembakaran,” ucap Benny.

Tidak hanya itu, Benny juga menyebut, kelompok Egianus Kogoya pernah melakukan aksi pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, pengancaman, dan terakhir penyanderaan pilot.

Baca Juga: Ini Kesaksian Salah Seorang Pekerja yang Diancam KKB di Distrik Paro

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya