Mile 74 Tembagapura Banjir Bandang, Freeport: Tak Ada Korban Jiwa

EPR sudah dikerahkan ke lokasi kejadian

Timika, IDN Times - Manajemen Freeport menyatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang yang melanda Mile 74 Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Namun sejumlah alat berat milik PT Freeport terseret banjir. Selain itu banjir juga merusak sebagian jalan menuju ke Mile 74 Tembagapura. 

Baca Juga: Mile 74 Tembagapura Diterjang Banjir, Sejumlah Alat Berat Terseret

1. Keselamatan karyawan diutamakan

Mile 74 Tembagapura Banjir Bandang, Freeport: Tak Ada Korban JiwaSejumlah kendaraan yang terparkir di pinggir jalan ikut terendam banjir, IDN Times/ Istimewa

Vice President Corporate Communications PTFI Katri Krisnati mengatakan, curah hujan tinggi pada Sabtu (11/02/2023) di wilayah Tembagapura,menyebabkan air mengalir deras di jalan West Gully, area pabrik pengolahan konsentrat MP 74.

Tim Emergency Preparedness and Response (EPR) PTFI sudah diaktifkan untuk melakukan tindakan yang diperlukan. Sampai pukul 19.00 WIT, dilaporkan tidak ada korban jiwa.

"Kami mengutamakan keselamatan bagi seluruh karyawan yang bertugas di lokasi," kata Katri.

2. Banjir disebabkan debit air tinggi

Mile 74 Tembagapura Banjir Bandang, Freeport: Tak Ada Korban JiwaIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara itu, Kapolsek Tembagapura, AKP Ahmad Dahlan, mengatakan, banjir yang terjadi di mile 74 hampir dekat dengan lokasi pengelolaan konsentrat Freeport.

"Iya, kejadian banjir tadi di Mile 74 diarea mile itu ada hujan deras, cuaca yang sangat deras sehingga debit air tinggi mengakibatkan kejadian longsor tadi sore," kata Dahlan saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (11/2/2023) pukul 22.00 WIT.

Ahmad menjelaskan, akses dari 68 ke 74 ditutup sementara karena banjir yang merusak jalan tersebut, dan membuat kepolisian setempat belum bisa mengecek kondisi di sana.

Namun, beberapa video yang beredar memperlihatkan beberapa alat berat terseret banjir. 

"Kejadian sekitar pukul 16.30 WIT, kalau kita lihat di video-video itu ada beberapa alat berat yang terseret, cuma kita belum ke sana," ungkap Ahmad.

Baca Juga: KSAD Dudung Kirim Pasukan untuk Operasi Pembebasan Pilot Susi Air

3. Beberapa alat berat terseret banjir

Mile 74 Tembagapura Banjir Bandang, Freeport: Tak Ada Korban JiwaSatu unit excavator ikut terseret banjir, IDN Times/ Istimewa

Sejauh ini telah dilaporkan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Hanya saja, jalan dan beberapa alat berat menjadi rusak.

Sementara itu terkait situasi di wilayah Tembagapura, Ahmad mengatakan, lokasi Mile 68 dan 74 cukup jauh, sehingga wilayah Mile 68 tidak terdampak banjir.

"Untuk korban dari karyawan sih tidak ada, semua dalam keadaan selamat. Sementara untuk kondisi di Tembagapura, dalam hal ini mile 68 tidak terjadi hujan atau banjir," ungkap Ahmad.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya