Puluhan Kios dan Ruko di Puncak Jaya Papua Terbakar

Polisi dalami penyebab kebakaran di Pasar Lama

Timika, IDN Times - Sebanyak 17 kios dan 7 ruko yang berlokasi di pasar lama kota baru, Kampung Lunggwineri, Distrik Pagaleme, Puncak Jaya, Papua terbakar, pada Sabtu (15/10/2022) sekitar pukul 11.30 WIT.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang menghanguskan puluhan kios dan ruko tersebut. 

Baca Juga: Kebakaran di Jalan Kartini Mimika Papua, 2 Orang Hangus Terbakar

1. Api diduga berasal dari sebuah kios

Puluhan Kios dan Ruko di Puncak Jaya Papua TerbakarSuasana kebakaran puluhan kios dan ruko di pasar lama kota baru puncak Jaya, IDN Times/ Istimewa

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, saat dikonfirmasi pada Sabtu malam membenarkan kejadian itu.

Dari keterangan warga yang berada di sekitar TKP, sumber api pertama terlihat dari deretan tengah kios yang terbakar.

Warga yang melihat kejadian itu langsung melapor ke piket jaga Polres Puncak Jaya. Setelah menerima laporan tersebut, polisi langsung menuju ke TKP dan bersama warga memadamkan api.

Namun, bahan bangunan yang terbuat dari semi permanen ditambah dengan beberapa kios yang menjual BBM, membuat api sulit dipadamkan.

"Setibanya di lokasi kejadian anggota Polres Puncak Jaya bersama warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya," ujar Kamal.

2. Polres Puncak Jaya selidiki penyebab kebakaran

Puluhan Kios dan Ruko di Puncak Jaya Papua TerbakarKabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal IDN Times/ Istimewa

Untuk penyebab terjadinya kebakaran, Kamal menyampaikan pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pastinya.

"Penyebab pasti kebakaran masih dilakukan penyelidikan. Namun yang pasti dari peristiwa itu tidak terdapat korban jiwa," katanya.

3. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran puluhan kios dan ruko

Puluhan Kios dan Ruko di Puncak Jaya Papua TerbakarKabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal IDN Times/ Istimewa

Sementara untuk kerugian materiil, masih dilakukan pendataan oleh personel Polri di lapangan.

Saat ini para pemilik kios dan ruko masih mengamankan barang yang tersisa ke tempat mengungsi sementara, baik di rumah kerabat maupun keluarga.

"Anggota Polres Puncak di bantu Personel Kodim 1714 Pj membantu mengamankan sekitar TKP dan memasang garis polisi, agar menghindari aksi penjarah barang yang berhamburan di sekitar lokasi," jelasnya. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya