Hari Kedua Sahur, Ini Jadwal Imsak dan Subuh

Perkuat imunitas tubuh di tengah pandemi COVID -19

Jakarta, IDN Times - Salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh umat muslim selama ibadah puasa ialah ialah jadwal imsak. Imsak merupakan penanda waktu untuk dapat segera mengakhiri makan sahur dan memulai ibadah puasa. 

Berdasarkan jadwal imsakiyah puasa Ramadan 2020/1441 H untuk daerah Jakarta dan sekitarnya yang dikeluarkan Kementerian Agama, pada 2 Ramadan 1441 H atau Sabtu 25 April 2020, waktu imsak jatuh pada pukul 04.27 WIB dan subuh pada pukul 04:37. 

1. Membaca niat ibadah puasa tidak kalah penting

Hari Kedua Sahur, Ini Jadwal Imsak dan SubuhIlustrasi bedoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Fungsi niat berpuasa juga dapat dikatakan untuk membedakan tujuan umat Muslim dalam beribadah. Mari membaca doa di bawah ini: 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghodin an' adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala."

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala.

2. Puasa dapat kuatkan imunitas tubuh

Hari Kedua Sahur, Ini Jadwal Imsak dan SubuhIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Menurut ahli gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) R Dwi Bundiningsari, menjalankan ibadah puasa mampu meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh. Hal ini menjadi penting di tengah pandemik COVID -19 ini. 

"Sejumlah penelitian menyebutkan berpuasa dapat meningkatkan imunitas. Sebaliknya, belum ada studi yang menyatakan berpuasa berisiko meningkatkan infeksi COVID-19" kata Dwi di Yogyakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (24/4).

Puasa dapat mempercepat perbaikan jaringan-jaringan sel yang rusak dan memproduksi sel-sel darah putih baru. Tidak hanya imunitas tetapi puasa juga dapat membantu mengeluarkan zat-zat akditif pengawet dan pewarna makanan. 

3. Kopi tidak dianjurkan saat sahur.

Hari Kedua Sahur, Ini Jadwal Imsak dan SubuhInstagram Kopitaro

Sahur menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa. Menu santapan yang kita konsumsi saat sahur akan memiliki efek pada saat kita menjalankan puasa seharian. 

Kopi tidak disarankan dikonsumsi ketika sahur. Minum kopi ketika sahur dikhawatirkan dapat menimbulkan dehidrasi lantaran sifat diuretik pada kopi dapat membuat frekuensi buang air kecil meningkat. Hal seperti ini tentunya akan sangat berbahaya karena selama berpuasa kamu tidak diperbolehkan minum ataupun makan sepanjang hari.

Baca Juga: 3 Menu Ramadan Lengkap untuk Buka Puasa, Sahur dan Takjil

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya