Comscore Tracker

Kematian Pasien Virus Corona Termuda di Australia Berusia 30 Tahun

#NormalBaru dan #HidupdenganCorona

Jakarta, IDN Times - Australia telah mencatat kematian seorang pasien virus corona atau COVID-19 termuda berusia 30 tahun. Pasien asal Blackwater, Queensland itu telah meninggal dunia. Angka pasien yang meninggal dunia akibat virus corona kini berjumalah menjadi 103 kasus, dari sekitar 7.100 kasus positif virus corona.

"Yang bersangkutan menunjukan gejala-gejala (COVID-19) sebelum kematiannya, namun juga mempunyai penyakit lain, kemudian positif pada uji post mortem. Pasangannya juga mengalami gejala serupa saat ini dan tengah diiisolasi," ujar Gubernur Queensland Anastasia Palaszczuk, dilansir Reuters, Rabu (27/5).

1. Pasien memiliki riwayat medis rumit

Kematian Pasien Virus Corona Termuda di Australia Berusia 30 TahunEvakuasi jenazah WN Australia yang meninggal di Jalan Astasura (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pasien laki-laki ini dikatakan memiliki riwayat medis yang rumit dan telah menunjukkan gejala selama berminggu-minggu, tetapi tak pernah dites.

“Dia juga memiliki penyakit bawaan lainnya. Dia sudah dites pada post mortem dan hasilnya positif. Kekasihnya kini sakit dengan gejala corona dan tengah menjalani isolasi,” ujar Anastasia. 

Baca Juga: 5 Negara dengan Kepadatan Penduduk Terendah, Australia Salah Satunya

2. Kekasih, polisi, hingga tim medis ikut diisolasi

Kematian Pasien Virus Corona Termuda di Australia Berusia 30 TahunIlustrasi tenaga medis virus corona. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Setelah diketahui memilikki gejala virus corona, kekasih pasien tersebut dipindahkan ke Rumah Sakit Rockhampton untuk diisolasi dan akan dilakukan tes lebih lanjut. Tidak hanya itu, polisi dan tim medis yang menghadiri tempat kejadian yang sama dengan pasien, juga ikut dikarantina.

Pemerintah setempat kini tengah mencari informasi, kemungkinan adanya keterkaitan antara pasien dengan kasus di kapal pesiar Ruby Princess pada Maret lalu, yang merupakan penyebaran virus corona terbesar di Queensland, Australia.

3. Australia terbilang berhasil menangani wabah virus corona

Kematian Pasien Virus Corona Termuda di Australia Berusia 30 TahunIDN Times/Isidorus Rio Turangga

Dikabarkan, Australia kini terbilang berhasil menangani wabah virus corona dengan langkah pembatasan perjalanan, social distancing, dan pengujian tes medis secara luas. Di Australia sudah memulai hidup normal kembali dengan dibukakan sekolah-sekolah pada pekan ini.

Meski begitu, sejumlah pintu perbatasan wilayah Australia masih ditutup, sehingga membuat ketegangan antara para pejabat seiring dengan kampanye membangkitkan ekonomi selagi menghadapi resesi pertama dalam tiga dekade.

Baca Juga: PM Australia Desak Ada Investigasi Mandiri Cek Asal Usul Virus Corona

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya