Waktu Azan Magrib dan Doa Khusus di Hari ke-9 Ramadan 1441 H 

Awali berbuka dengan membaca doa, cek doanya di sini

Jakarta, IDN Times - Tanpa terasa puasa Ramadan 1441 Hijriah memasuki hari kesembilan. Masih ada waktu, perbanyak ibadah dan berdoa di bulan yang penuh berkah ini.

Setelah sepanjang hari berpuasa dan mengerjakan berbagai amalan dan ibadah, apalagi yang ditunggu-tunggu kalau bukan azan maghrib. Ya! Azan magrib sebagai pertanda dimulainya waktu berbuka puasa.

Di hari ke-9 puasa Ramadan ini, Sabtu (2/4), azan magrib berkumandang pada pukul 17.49 WIB untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hal ini berdasarkan Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan 2020/1441 H yang dikeluarkan Kementerian Agama. 

1. Doa buka puasa hari ke-9 Ramadan 1441 H

Waktu Azan Magrib dan Doa Khusus di Hari ke-9 Ramadan 1441 H IDN Times/Rizka Yulita

Untuk menyempurnakan ibadah puasa, sebelum minum atau menyantap hidangan berbuka terlebih dulu kita membaca doa buka puasa. 

Berikut doanya:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Artinya: Ya Allah karena-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

2. Doa khusus di hari ke-9 Ramadan 1441 H

Waktu Azan Magrib dan Doa Khusus di Hari ke-9 Ramadan 1441 H Ilustrasi bedoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Hari ke-9 puasa Ramadan, terdapat doa khusus yang memiliki keutamaan dan pahala. 

Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لِيْ فِيْهِ نَصِيْبًا مِنْ رَحْمَتِكَ الْوَاسِعَةِ وَ اهْدِنِيْ فِيْهِ لِبَرَاهِيْنِكَ السَّاطِعَةِ وَ خُذْ بِنَاصِيَتِيْ إِلَى

مَرْضَاتِكَ الْجَامِعَةِ بِمَحَبَّتِكَ يَا أَمَلَ الْمُشْتَاقِيْنَ

Allâhummaj'allî fîhi nashîban min rahmatikal wâsi'ah wahdinî fîhi libarâhînikas sâthi'ah wa khudz binâshiyatî ilâ mardhâtikal jâmi'ah bimahabbatika yâ amalal musytâqîn.

Artinya :
Ya Allah, anugerahilah untukku sebagian dari rahmat-Mu yang luas dan berikanlah aku petunjuk kepada ajaran-ajaran-Mu yang terang, dan bimbinglah aku menuju kepada keridaan-Mu yang penuh dengan kecintaan-Mu, wahai harapan orang-orang yang merindu.

3. Blewah, buah favorit Ramadan yang banyak khasiatnya

Waktu Azan Magrib dan Doa Khusus di Hari ke-9 Ramadan 1441 H ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Di bulan Ramadan, salah satu buah yang banyak digemari adalah blewah. Ternyata, blewah merupakan buah yang memiliki kandungan air cukup banyak, yang dapat menghilangkan rasa haus dan dehidrasi setelah seharian berpuasa. 

Tidak hanya itu, menjadi hidangan favorit saat berbuka, blewah juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, asam folat, dan juga serat yang dimiliki blewah. Secara keseluruhan, blewah membantu menguatkan kekebalan tubuh dan menjaga pencernaan.

https://www.youtube.com/embed/ItFTQGrs4Mw

Baca Juga: 5 Tips Jitu Hafal Al-Qur'an pada Bulan Ramadan ala Ustadz Adi Hidayat 

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya