Kasus COVID-19 Naik, Menkes: Puncaknya Satu atau Dua Pekan ke Depan

Waspada, COVID-19 meningkat!

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kasus COVID-19 diprediksi akan meningkat dalam waktu satu atau dua pekan ke depan. Ia mengimbau masyarakat bersiap menghadapi lonjakan kasus tersebut.

“Kami sudah monitor secara daily (harian), harusnya kalau feeling saya kita akan mencapai puncaknya antara satu atau dua pekan ke depan. Kemungkinan puncaknya itu akan tercapai,” kata Menteri Budi dalam ISICAM 2022, dikutip dari ANTARA, Sabtu (26/11/2022).

1. Kasus meningkat semenjak masuknya varian XBB dan BQ.1

Kasus COVID-19 Naik, Menkes: Puncaknya Satu atau Dua Pekan ke Depangoogle

Budi mengatakan jumlah kasus COVID-19 terus meningkat semenjak varian XBB dan BQ.1 masuk ke Indonesia. Skala kasus positif COVID-19 di Indonesia, kata dia, saat ini telah mencapai 8.000-an per hari.

Menkes memprakirakan jumlah kasus yang ditemukan akan mencapai 10.000-15.000 kasus per hari. Bahkan, dengan keterisian tempat tidur di rumah sakit (BOR) jauh lebih rendah dibandingkan dampak dari varian-varian sebelumnya.

Baca Juga: Menkes Sentil Orang Kaya Jadi Beban BPJS Kesehatan

2. Pemerintah terus melakukan sero survei

Kasus COVID-19 Naik, Menkes: Puncaknya Satu atau Dua Pekan ke DepanMenteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kemudian, pemerintah bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), juga terus melakukan sero survei per enam bulan sekali guna mengetahui titer antibodi milik masyarakat terhadap COVID-19.

“Kita punya datanya by name by address sekarang untuk 205 juta dari populasi kita, kita bisa prediksi di daerah mana kita harus memberikan booster,” ujarnya.

Upaya ini juga dipercaya mampu membuktikan, masyarakat Indonesia memiliki antibodi yang sangat tinggi, sehingga tidak akan terimbas gelombang tinggi COVID-19.

3. Masyarakat tidak boleh mengabaikan situasi saat ini

Kasus COVID-19 Naik, Menkes: Puncaknya Satu atau Dua Pekan ke DepanSatuan Gugus Tugas COVID-19 Pusat kembali mengirimkan sejumlah alat kesehatan untuk tenaga medis di sejumlah Puskesmas di Provinsi Aceh dalam penanganan pasien COVID-19 (Antara Aceh/Ampelsa)

Budi mengingatkan, masyarakat tidak boleh mengabaikan situasi saat ini. Maka, semua pihak diminta untuk segera melengkapi dosis vaksinasinya. Meskipun, saat ini antibodi sudah tinggi dan kasus masih di bawah prediksi monitoring pemerintah.

“Jika kita bisa mengendalikannya, maka Indonesia juga akan menjadi salah satu negara yang tidak mengalami gelombang besar dalam 12 bulan,” katanya.

Baca Juga: [UPDATE] COVID-19 Dunia per 26 November Tembus 645 Juta Kasus

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya