Polda Metro Jaya Sebut TMII Jadi Pusat Perayaan Malam Tahun Baru 2023

Monas ditutup?

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menyebut puncak pergantian tahun atau perayaan malam Tahun Baru 2023 tingkat DKI Jakarta akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan berdasarkan pembahasan dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral rangka Operasi Kepolisian Terpusat 'Lilin Jaya 2022', Senin (19/12/2022).

"Untuk tingkat DKI Jakarta, yang di wilayah hukum Polda Metro Jaya, puncak perayaan pergantian tahun direncanakan di TMII," kata Zulpan, dikutip dari ANTARA, Selasa (20/12/2022).

1. Kawasan Monas ditutup pada pergantian tahun

Polda Metro Jaya Sebut TMII Jadi Pusat Perayaan Malam Tahun Baru 2023Ilustrasi Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Selain TMII, Zulpan menyebut acara perayaan tahun baru juga akan diramaikan di sejumlah kawasan rekreasi lainnya seperti Ancol, Kota Tua, Setu Babakan, Pantai Indah Kapuk (PIK), dan beberapa wilayah yang telah dipetakan oleh kepolisian.

Ia juga mengungkapkan, kawasan Monas akan ditutup untuk umum pada malam pergantian tahun. Sedangkan, Bundaran Hotel Indonesia (HI) tetap dibuka.

"Khusus untuk Monas, ini memang tidak melaksanakan kegiatan, jadi tidak dibuka untuk umum pada saat pergantian tahun. Kemudian pusat Ibu Kota yang lain seperti Bundaran HI, itu juga dibuka untuk masyarakat, ya untuk kegiatan-kegiatan akhir tahun," ujarnya.

2. Polda Metro Jaya mengadakan Operasi Lilin mulai 22 Desember 2022

Polda Metro Jaya Sebut TMII Jadi Pusat Perayaan Malam Tahun Baru 2023Operasi Lilin 2019 menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Kemudian, Zulpan menerangkan bahwa Polda Metro Jaya akan mengadakan Operasi Lilin Jaya 2022 mulai 22 Desember 2022 - 2 Januari 2023 untuk pengaman ibadah natal dan tahun baru (Nataru). 

Ia mengatakan, ada sekitar puluhan pos pengamanan (pospam) dan pelayanan yang disiapkan Polda Metro Jaya, serta 7.421 personel polisi yang turunkan dalam Operasi Lilin tersebut.

"Untuk Pos Pam (Pos Pengamanan) dalam Operasi Lilin Jaya 2022, itu ada sebanyak 97, adapun Pos Pelayanan atau Pos Yan ada 38 tersebar di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya, baik itu DKI, Tangerang, Bekasi, Depok," jelas dia.

3. Harus tetap mematuhi protokol kesehatan

Polda Metro Jaya Sebut TMII Jadi Pusat Perayaan Malam Tahun Baru 2023Menko PMK, Muhadjir Effendy dalam acara Launching Peringatan Hari Santri 2021 pada Selasa (21/9/2021). (youtube.com/Kemenag RI)

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, tidak ada pembatasan dalam perayaan Nataru sekarang ini.

Kendati demikian, ia mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Hal ini merujuk pada kasus positif COVID-19 yang masih terus bergulir di Tanah Air.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya