2 Bulan Dibui, Apa Kabar Jessica Kumala Wongso Sekarang?

Berkas perkara berkali-kali ditolak Kejaksaan.

Hingga saat ini, kasus kematian Wayan Mirna Salihin (27) masih belum terkuak. Teman kuliahnya, Jessica Kumala Wongso telah ditetapkan sebagai tersangka. Setelah lama tak terdengar, bagaimana nasib terkini Jessica Kumala Wongso yang berada dalam jeruji besi selama dua bulan?

Nampaknya polisi masih harus berjuang lebih keras lagi. Pasalnya, berkas perkara Jessica dikabarkan ditolak lagi oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Penolakan ini sudah terjadi untuk yang ketiga kalinya.

2 Bulan Dibui, Apa Kabar Jessica Kumala Wongso Sekarang?Sumber Gambar: batamnews.com

Hal ini membuat masa penahanan alumnus Billy Blue College of Design, Australia, ini terpaksa diperpanjang. Mohammad Iqbal, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes meyakini berkas perkara Jessica akan segera P21 atau lengkap pada masa perpanjangan penahanan yang ketiga kalinya ini.

Apa benar bukti untuk menjerat Jessica masih kurang?

2 Bulan Dibui, Apa Kabar Jessica Kumala Wongso Sekarang?

Sementara itu, Hidayat Bostam, pengacara tersangka Jessica Kumala Wongso, menilai bahwa berkas perkara kasus dugaan pembunuhan Wayan Mirna Salihin yang menjerat kliennya tersebut dikembalikan karena buktinya masih kurang. Menurutnya, bukti yang disertakan oleh tim penyidik Polda Metro Jaya dalam berkas perkara tersebut tidak cukup kuat untuk membuktikan Jessica sebagai pelaku pembunuhan Mirna.

2 Bulan Dibui, Apa Kabar Jessica Kumala Wongso Sekarang?

Perkara pidana yang dituduhkan ke Jessica adalah Pasal 340 dengan ancaman hukuman mati. Semua perbuatan pidana yang diancam dengan pasal tersebut harus sesuai dengan alat bukti. Sedangkan menurut Hidayat, dari CCTV sudah jelas Jessica tidak melakukan apa-apa.

Hidayat menduga bukti yang harus dilengkapi tim penyidik Polda Metro Jaya berdasarkan petunjuk Kejaksaan adalah rangkaian peristiwa ketika Jessica menaruh sianida ke dalam cangkir kopi yang diminum Mirna. Menurutnya, penyidik masih belum bisa menjelaskan rangkaian peristiwa pembunuhan tersebut. Sehingga berkas perkara dikembalikan lagi oleh Kejaksaan ke penyidik.

Dia juga menuturkan bahwa hasil temuan penyidik di Australia tidak bisa dijadikan alat bukti kasus ini. Menurut Hidayat, temuan di Australia itu tidak ada kaitannya dengan tuduhan perbuatan pidana terhadap Jessica di Indonesia.

Baca Juga: Seperti Apa Profile Jessica Kumala Wongso?

Lalu apa tanggapan ayah Mirna dengan hal ini?

2 Bulan Dibui, Apa Kabar Jessica Kumala Wongso Sekarang?

Dermawan Salihin, ayah Mirna telah datang ke Polda Metro Jaya untuk mengecek perkara dugaan pembunuhan dengan racun sianida ke penyidik. Dermawan sendiri meyakini berkas perkara segera dinyatakan lengkap (P21) untuk segera disidangkan di pengadilan.

Sementara itu, tersangka pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso mengalami depresi berat. Selain telah dikaitkan dengan kamatian sahabatnya, hidup hampir 60 hari di ruang tahanan penyidik Polda Metro Jaya juga berat.

2 Bulan Dibui, Apa Kabar Jessica Kumala Wongso Sekarang?

Sesekali dia mengatakan mau sampai kapan ditahan? Padahal polisi sampai saat ini belum bisa membuktikan bahwa Jessica adalah pembunuhnya. Pengacara Jessica juga melihat polisi sebenarnya tak memiliki bukti kuat menetapkan Jessica sebagai tersangka Wayan Mirna Salihin yang meninggal usai menyeruput es kopi vietnam di sebuah restoran Grand Indonesia pada 6 Januari 2016 lalu. Hal ini bisa dilihat dari berkas mereka yang bolak balik tidak diterima Kejaksaan.

Baca Juga: Polisi Federal Beberkan Kehidupan Jessica Selama di Australia.

Topik:

Berita Terkini Lainnya