380 Siswa SMAN 3 Semarang Tidak Lulus SNMPTN, Orangtua Protes!

SMA N 3 Semarang adalah SMA favorit!

Musibah besar menimpa salah satu SMA terbaik di Indonesia, SMA Negeri 3 Semarang. Ratusan orangtua siswa mempertanyakan ketidaklulusan putra-putri mereka dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Hampir semua siswa jurusan IPA reguler yang berjumlah 380 orang tidak ada yang lolos SNMPTN.

Dilansir Kompas.com, sejumlah orangtua siswa mendesak agar pihak sekolah melakukan klarifikasi. Banyak orangtua yang menganggap ada kesalahan dalam proses memasukkan data di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) sehingga para siswa tidak ada yang lolos SNMPTN. Hal tersebut diduga terjadi karena persebaran ketidaklulusan siswa bersifat seragam, yakni hanya untuk jurusan IPA reguler.

380 Siswa SMAN 3 Semarang Tidak Lulus SNMPTN, Orangtua Protes!Sumber Gambar: wikipedia.com

Namun, hingga kini pihak sekolah tidak bisa menjelaskan secara rinci penyebab yang melatarbelakangi ketidaklulusan 380 siswa IPA dalam SNMPTN. Dia menyatakan bahwa semua kewenangan tersebut berada di panitia pusat SNMPTN.

380 Siswa SMAN 3 Semarang Tidak Lulus SNMPTN, Orangtua Protes!Sumber Gambar: kaskus.co.id

Jawaban tersebut tentu sangat tidak memuaskan para orangtua siswa sehingga mereka pun geram. Sapto Widodo, salah satu wali murid, mendesak pihak sekolah untuk mengirimkan surat dan mendatangi langsung ketua panitia SNMPTN. Sapto tidak ingin hanya menunggu informasi melalui telepon atau surat resmi. Dia juga meminta orangtua untuk datang langsung dan minta kejelasan bersama terkait masalah ini. Sapto sangat penasaran dengan penyebab ketidaklulusan anaknya. Putranya mendaftar di program studi Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada.

Baca Juga: Kalau Trump Jadi Presiden, Wali Kota London Ini Janji Gak Bakal Mau ke AS.

Lalu apa penjelasan dari Dinas Pendidikan Jawa Tengah?

380 Siswa SMAN 3 Semarang Tidak Lulus SNMPTN, Orangtua Protes!Sumber Gambar: pizna.com

Tercatat ada sembilan sekolah di Jawa Tengah yang menggunakan sistem kredit semester (SKS). Akan tetapi tidak ada yang sampai mengalami musibah ratusan murid tidak lolos SNMPTN seperti yang dialami SMAN 3 Semarang. Kasi Kurikulum Dikmen Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Bambang Supriono mengatakan SKS sudah diterapkan di sejumlah sekolah sejak tahun 2011. Sekolah tersebut antara lain adalah SMAN 1 Kudus, SMAN 3 Semarang, SMAN 1 Pati, SMAN 1 Salatiga, SMAN 1 Kebumen, SMAN 1 Wonosobo, SMA Karangturi Semarang, SMAN Takasus Wonosobo dan SMAN 3 Purwokerto.

Tahun-tahun sebelumnya, input PDSS online menggunakan sistem reguler. Akan tetapi pada tahun ini, diberikan dua pilihan kepada sekolah untuk memilih menggunakan sistem reguler atau sistem baru.

380 Siswa SMAN 3 Semarang Tidak Lulus SNMPTN, Orangtua Protes!Sumber gambar: jawapos.com

Sejumlah sekolah masih menggunakan sistem lama karena merasa belum siap dengan yang baru. Hanya SMAN 3 Semarang saja yang menggunakan sistem baru. Sistem baru tersebut lalu digunakan oleh SMAN 3 Semarang yang merasa sudah siap.

Bambang berpendapat bahwa sebenarnya sistem SKS yang diterapkan tidak ada masalah. Buktinya ada siswa IPS di SMAN 3 Semarang yang bisa lolos SNMPTN. Jika yang salah sistemnya, ternyata sekolah lain tidak ada masalah. Oleh sebab itu memang perlu dicari secara seksama apa penyebabnya hingga 380 siswa IPA reguler SMAN 3 Semarang tidak lolos SNMPTN. Bambang menambahkan pihaknya juga turut mencari informasi membantu pihak seolah yang saat ini masih berusaha menemui ketua Panitia SNMPTN.

Baca Juga: Ahmad Dhani Batal Jadi Cagub DKI, Benarkah Dia Cuma Cari Sensasi?

Topik:

Berita Terkini Lainnya