Ahok Janjikan Apartermen Seharga Kos

Program yang menyasar warga kelas menengah.

Kabar gembira datang dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dia  berencananya membangun apartemen murah dengan harga kos di wilayah Lebak Bulus, Pulogadung, Rawa Buaya, dan Kampung Rambutan.

Ahok Janjikan Apartermen Seharga KosRosa Panggabean/ANTARA FOTO

Dikutip Liputan6.com, (25/2), apartemen dengan harga subsidi ini akan dibuat di atas depo light rail transit (LRT) dengan menyasar warga kelas menengah yang tak mampu membeli rumah di Jakarta, tetapi mampu membeli rumah di pinggiran Jakarta.

Ahok mengatakan bahwa programnya yang pertama ini akan membantu warga untuk bisa tinggal di apatermen dengan biaya Rp 2,5-3 juta per bulan.  Warga juga dapat menyewa unit apartemen di sana. Namun, warga juga bisa membeli unit apartemen tersebut. Jika warga tersebut keluar, harus kembali menjual ke pemerintah.

PNS DKI bisa membeli apatermen ini dengan mudah.

Ahok Janjikan Apartermen Seharga KosIDN Times
Ribuan unit apartemen akan disiapkan oleh Ahok. Akan ada tiga macam subsidi yang diberikan. Yang pertama, subsidi untuk warga bergaji UMP bisa membayar Rp 4.000 - 15.000 per hari. Kedua, bagi warga yang gaji Rp 5-10 juta , mereka bisa membeli dengan harga kos 2,5-3 juta rupiah per bulan. Ketiga, bagi warga yang gajinya di atas Rp 10 juta, yaitu PNS DKI, maka apatermen tersebut bisa dijual ke mereka.

Pembangunan apatermen harga kos ini diprediksi akan rampung pada tahun 2018. Warga bisa melakukan pembayaran melalui transfer bank.

Ahok juga sudah membicarakan program ini dengan Menteri BUMN Rini Sumarno. Namun, Rini mengatakan jika di kemudian hari, penghuni apatermen tersebut ingin keluar dari apatermen, maka apatermen tersebut tidak boleh dijual ke orang lain, namun harus dikembalilkan ke Pemerintah dengan harga NJOP.

Baca Juga: Kepingan Misteri Identitas Mayat di Apartemen Belleza Perlahan Mulai Terkuak. 

Ahok terus memantau program ini supaya bisa rampung sesuai deadline yang ditentukan.

Ahok Janjikan Apartermen Seharga KosIDN Times

Ahok akan terus melakukan pemantauan agar program pembangunan yang dilakukan bisa berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Dengan tinggal di apatermen yang dibangun di dekat stasiun, maka Ahok yakin ini menjadi solusi efektif untuk menghemat pengeluaran transportasi warga dan mengurangi macet.

Baca Juga: Terlampau Kreatif, Sarjana Desain Ini Membuat Kebun Ganja di Dalam Apartemen!

Topik:

Berita Terkini Lainnya