Diam-diam, Daftar Pernikahan Sesama Jenis Ini Pernah Terjadi di Indonesia

Pemerintah ternyata masih kecolongan

Bagaimana tanggapan orang Indonesia terhadap fenomena pernikahan sesama jenis? Tentu saja mayoritas menolak kendati ada pula yang mendukung dengan berpegang kepada HAM (Hak Asasi Manusia). Bagaimanapun Indonesia tidak boleh disamakan dengan Amerika yang menghalalkan pernikahan sesama jenis.

Meski sudah dilarang, pasalnya masih ada beberapa pernikahan sejenis yang sempat terjadi. Bahkan tidak hanya sekali atau dua kali saja, tapi berkali-kali. Berikut adalah daftar pernikahan sesama jenis yang pernah terjadi di Indonesia.

Pernikahan pasangan sejenis di Boyolali.

Diam-diam, Daftar Pernikahan Sesama Jenis Ini Pernah Terjadi di IndonesiaSumber Gambar: klimg.com

Di Boyolali, Jawa Tengah, ada sebuah pernikahan sesama pria yang dilakukan oleh dua laki-laki berinisial RAK dan DM. Pesta pernikahannya sendiri sama seperti tradisi pernikahan Jawa. Salah satu mempelai terlihat berpakaian meriah ala pengantin wanita. Saat ditanya apakah ini benar-benar acara pernikahan, kedua mempelai berkelit mengatakan bahwa yang mereka lakukan hanyalah selamatan saja. Bahkan sebelumnya keduanya juga sempat menyebarkan undangan.

Pernikahan pasangan sejenis di Bali.

Diam-diam, Daftar Pernikahan Sesama Jenis Ini Pernah Terjadi di IndonesiaSumber Gambar: beritaprima.com

Ada juga pernikahan sejenis yang terjadi di Bali. Semua bermula dari deretan foto-foto yang disebar di Facebook dan Instagram. Nampak dalam foto itu, dua orang pria satunya dari Indonesia dan satu lagi pria asing tengah berdiri di semacam telaga. Lengkap pula dengan kehadiran pemuka agama dan juga iring-iringan gadis Bali seperti acara pernikahan.

Awalnya banyak yang menduga bahwa itu adalah acara pernikahan, tapi ternyata foto-foto yang tersebar itu hanyalah perayaan pernikahan saja. Keduanya diketahui telah menikah di Amerika lalu melangsungkan perayaannya di Bali.

Baca Juga: Ini Lembaga Psikologi yang Klaim Bisa Sembuhkan LGBT.

Usai menikah enam bulan, pria ini baru tahu kalau yang dia nikahi adalah laki-laki.

Diam-diam, Daftar Pernikahan Sesama Jenis Ini Pernah Terjadi di IndonesiaSumber Gambar: kompas.com

Awal kisahnya dimulai ketika seorang pria bernama Muhammad Umar yang tergila-gila dengan sosok yang menurutnya cantik bernama Friska Anastasya Octaviany. Usai berkenalan di Facebook, keduanya pun menjalin kasih. Lalu pada tanggal 19 September 2010 keduanya pun menikah. Namun, tak sampai enam bulan, pernikahan itu berakhir. Pasalnya setelah ditelusui ternyata Friska Anastasya Octaviany adalah seorang pria bernama Rahmat Sulistyo.

Seorang wanita di Gowa kaget selama ini menikah dengan wanita.

Diam-diam, Daftar Pernikahan Sesama Jenis Ini Pernah Terjadi di IndonesiaSumber Gambar: beritaprima.com

Wanita ini juga mengalami nasib yang sama Umar. Bedanya, jenis kelaminnya adalah perempuan. Wanita yang berasal dari Gowa, Sulawesi, bernisial NS ini melaporkan suaminya sendiri yang berinisial JN yang diketahui adalah seorang wanita. Laporan tersebut baru dilakukannya setelah usia perkawinan mereka berumur enam tahun. Sebelum menikah pun keduanya sempat pacaran hingga empat tahun.

Baca Juga: Khofifah Bilang LGBT Harus Direbus, Benarkah?

Topik:

Berita Terkini Lainnya