Comscore Tracker

Ditangkap Bersama Seorang Lelaki, Siapa yang Membantu Pelarian Miryam?

Siapapun yang membantu pelariannya bisa dipenjara 12 tahun

Setelah sekian lama buron, anggota DPR Miryam S Haryani akhirnya ditangkap oleh pihak yang berwajib. Dikutip Kompas.com, (2/5), KPK saat ini terus mendalami siapa saja pihak-pihak yang diduga membantu pelarian dari Miryam tersebut. Sesuai dengan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, bagi siapapun yang menghalangi penyidikan akan bisa dikenai sanksi pidana dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara dan maksimal 12 tahun penjara.

Ditangkap Bersama Seorang Lelaki, Siapa yang Membantu Pelarian Miryam?Reno Esnir/ANTARA FOTO

Seperti diketahui, Miryam menjadi tersangka karena dianggap memberikan keterangan palsu terkait persidangan korupsi e-KTP. Namun, dia beberapa kali mangkir ketika dipanggil sebagai saksi. KPK pun akhirnya menetapkannya sebagai buron.

Ditangkap bersama seorang lelaki.

Ditangkap Bersama Seorang Lelaki, Siapa yang Membantu Pelarian Miryam?Reno Esnir/ANTARA FOTO

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono menceritakan bagaimana awal mula penangkapan Miryam S Haryani yang menjadi buronan KPK beberapa waktu lalu.

Setelah menerima surat daftar pecarian orang (DPO) dari pihak KPK pada tanggal 26 April 2017,  polisi langsung membentuk tim khusus untuk mencari Miryam. Dari situlah tim mendapatkan informasi bahwa Miryam sedang berada di Bandung, Jawa Barat. Namun, tak lama berselang, tim  memperoleh informasi bahwa Miryam sudah kembli ke Jakarta. Dari sinilah kemudian tim berhasil menggerebek Miryam di sebuah hotel di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Soal Bancakan Uang Proyek e-KTP, Keterangan Saksi Saling Bertentangan. 

Saat ditangkap Miryam berdalih berada di tempat tersebut karena sedang menunggu kedatangan temannya. Sekira pukul 00.20 WIB, Miryam langsung dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan interogasi.

Seorang laki-laki dimintai keterangan atas dugaan membantu pelarian Miryam.

Ditangkap Bersama Seorang Lelaki, Siapa yang Membantu Pelarian Miryam?Reno Esnir/ANTARA FOTO

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan bahwa Miryam ditangkap dengan seorang laki-laki. Namun dirinya masih belum menjelaskan detail siapa laki-laki tersebut. Namun, dia kini tengah diperiksa intensif di Polda Metro Jaya guna mendalami peranannya dalam pelarian Miryam. Terkait penangkapan Miryam yang akhirnya berujung sukses, Ketua KPK Agus Rahardjo mengucapkan terima kasih kepada Polri.

Baca Juga: KPK Tetapkan Miryam Haryani Buronan Kasus e-KTP, Siapa Dia?

Topic:

Just For You