Ford Mendadak Hengkang dari Indonesia, Para Karyawan Terancam PHK!

Pasar Indonesia dinilai kurang menguntungkan bagi produsen mobil asal Amerika tersebut

Baru-baru ini perusahaan otomotif terkemuka Ford Motor Indonesia membuat sebuah keputusan yang mengejutkan. Mereka menghentikan semua operasinya yang ada di Indonesia. Para karyawan di perusahaan ini juga terancam dirumahkan. Ford telah mengonfirmasi hal ini melalui situs resminya. Mereka menyatakan bahwa ini adalah sebuah keputusan yang sangat sulit.

Mereka secara resmi akan menghentikan operasionalnya pada paruh kedua tahun 2016. Manajemen Ford juga meminta kepada semua karyawan untuk menghormati dan mendukung transisi ini. Lalu sebenarnya apa motif atau alasan di balik PHK masal yang dilakukan terhadap karyawan Ford tersebut? Berikut adalah sejumlah alasannya:

1. Dewa Yuniardi, seorang pengamat otomotif menuturkan bahwa penutupan bisnis Ford di Indonesia terjadi karena situasi ekonomi yang kurang baik.

Ford Mendadak Hengkang dari Indonesia, Para Karyawan Terancam PHK!Sumber Gambar: beritasatu.com

2. Banyak faktor yang menyebabkan pangsa pasar memburuk antara lain persoalan kemacetan dan krisis bahan bakar.

Ford Mendadak Hengkang dari Indonesia, Para Karyawan Terancam PHK!Sumber Gambar: dapurpacu.com

3. Indonesia adalah negara dengan tingkat kemacetan yang parah, terutama di Jakarta. Jadi masyarakat lebih senang menggunakan mobil dengan satuan silinder mesin atau cc (centimeter cubic) yang kecil. Dan mobil jenis ini tidak bisa diakomodasi oleh Ford.

Ford Mendadak Hengkang dari Indonesia, Para Karyawan Terancam PHK!Sumber Gambar: ford.com

Baca Juga: Ternyata Kamu Juga Bisa Punya Mobil Walau Gajimu Hanya 3 Juta Rupiah!

4. Rencana penutupan semua kegiatan Ford ini akan berlangsung menyeluruh. Mulai dari lini penjualan sampai semua aktivitas dealer. Penutupan tersebut murni karena persaingan usaha.

Ford Mendadak Hengkang dari Indonesia, Para Karyawan Terancam PHK!Sumber Gambar: kompas.com

5. Manajemen Ford menyatakan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk merebut pangsa pasar, tapi kenyataannya mereka memang kesulitan meraih laba.

Ford Mendadak Hengkang dari Indonesia, Para Karyawan Terancam PHK!Sumber gambar: bbc.co.uk

Ford kesulitan bersaing dengan sejumlah merek mobil lainnya dan kesusahan untuk mengejar keuntungan yang diinginkan. Inilah menjadi penyebab utama keputusan ini. 

6. Di tengah perlambatan ekonomi ini, Ford hanya sanggup menguasai 0,6 persen total pasar mobil baru. Ford juga kesulitan bersaing dengan kompetitor karena tidak adanya dukungan dari manufaktur lokal.

Ford Mendadak Hengkang dari Indonesia, Para Karyawan Terancam PHK!Sumber Gambar: philipinews.com

7. Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang ditinggalkan pabrikan mobil asal Amerika Serikat tersebut. Ford juga berencana untuk meninggalkan Jepang.

Ford Mendadak Hengkang dari Indonesia, Para Karyawan Terancam PHK!Sumber Gambar: dapurpacu.com

8. Kondisi di Indonesia masih belum seberapa. Situasi yang lebih berat dihadapi Ford di pasar Jepang. Varian Fiesta, Mustang, dan Explorer kalah bersaing dengan Toyota, Honda, Nissan, dan merek domestik lain.

Ford Mendadak Hengkang dari Indonesia, Para Karyawan Terancam PHK!Sumber Gambar: tempo.co

9. Juru bicara Ford yang berbasis di Shanghai, Tiongkok juga mengonfirmasi kebenaran mundurnya Ford di Indonesia dan Jepang.

Ford Mendadak Hengkang dari Indonesia, Para Karyawan Terancam PHK!Sumber Gambar: viva.co.id

Namun, sejumlah pengamat menyatakan bahwa penutupan bisnis Ford ini diprediksi hanya berlangsung sementara. Apakah benar? Biar waktu yang menentukan. 

Baca Juga: 7 Cara Menggunakan Mobilmu untuk Bersenang-Senang.

Topik:

Berita Terkini Lainnya