Fakta di Balik Foto Amalia "Teman Ahok" Tanpa Jilbab yang Jadi Bahan Gunjingan

Amalia ternyata bukan Amalia

Suasana menuju Pilgub DKI 2017 sudah terasa di media sosial yang semakin panas. Kali ini target panasnya Pilkada tersebut adalah pendiri Teman Ahok, yang bernama Amalia Ayuningtyas. Dia ramai dibicarakan soal hijabnya. Amalia diduga hanya mengenakan jilbab demi Pilgub DKI 2017 saja.

Dilansir BBC.com, sebuah postingan yang diiringi dengan unggahan foto seorang wanita berkacamata yang mirip Amalia nampak tidak mengenakan hijab di Singapura. Wanita ini awalnya disebut sebagai Amalia sebelum mendirikan Teman Ahok.

Teman Ahok langsung memberikan penjelasan soal tudingan terhadap Amalia di situsnya. Di situs tersebut, Amalia juga memberi pernyataan bahwa tudingan soal hijab itu fitnah.

Fakta di Balik Foto Amalia Teman Ahok Tanpa Jilbab yang Jadi Bahan Gunjinganbbc.com/indonesia

Teman Ahok mengungkapkan bahwa informasi fitnah ini disebarkan pertama kali oleh akun Facebook milik "Zeng Wei Jian". Postingan ini dengan cepat menyebar di kalangan tertentu. Akun tersebut memakai wacana 'Silent Attack on Islamic Akidah'. Amalia juga disebut sebagai putri dari politisi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning. Hal tersebut ternyata juga fitnah, karena Amalia merasa berasal dari keluarga sederhana yang tak berpolitik sama sekali.

Si pemilik asli foto ternyata bukan Amalia "Teman Ahok". Orang yang bersangkutan juga langsung angkat suara.

Fakta di Balik Foto Amalia Teman Ahok Tanpa Jilbab yang Jadi Bahan Gunjinganbbc.com

Agung Gumilar, yang mengaku sebagai suami dari perempuan tak berhijab yang fotonya disebar di media sosial menjelaskan bahwa wanita yang di foto tersebut tak lain dan tak bukan adalah istrinya sendiri yang bernama Amelia Ayuningthias. Secara kasat mata, ejaan nama dan wajah antara Amalia dan Amelia memang mirip. Melalui akun Facebooknya, sang pemilik foto juga berencana menuntut sejumlah media yang menyebarkan berita salah.

Agung menjelaskan bahwa foto tersebut diambil sekitar tiga tahun lalu, ketika Amelia berlibur ke Singapura. Agung menunjukkan foto-foto Amelia lainnya dan foto pernikahannya sebagai bukti bahwa dia adalah suami Amelia. Dia mengatakan foto di Singapura yang ramai tersebar di media sosial memang disimpan di akun Facebook Amelia Ayuningthias.

Agung berharap isu soal Amalia dan Amelia diluruskan. Dia juga berharap istrinya tak diikut-ikutkan urusan politik Pilgub DKI 2017. Dia tidak ingin nama baik istrinya menjadi tercemar.

Baca Juga: Pro dan Kontra Perampingan Jumlah PNS, Ini Kata Sejumlah Pengamat!

Amalia "Teman Ahok" ternyata sudah berhijab sejak lama.

Fakta di Balik Foto Amalia Teman Ahok Tanpa Jilbab yang Jadi Bahan Gunjinganplatechno.com

Berita ini juga langsung mendapatkan reaksi dari teman-teman Amalia yang mencoba meluruskan isu tersebut. Seorang teman Amalia, Bob Maulana Singadikrama, dalam akun Facebooknya memposting foto bersama Amalia 5 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 7 September 2011. Dalam foto tersebut, nampak Amalia berfoto dengan mengenakan jilbab. Foto tersebut diambil pada saat Amalia baru masuk UI.

Kesaksian lain muncul dari teman Amalia semasa SMP dan SMA, Edo Azhara. Edo menuturkan, saat Amalia masih berdomisili di Yogyakarta, perempuan tersebut juga sudah mengenakan jilbab. Amalia masuk SMP pada tahun 2004 dan saat itu dia sudah mengenakan jilbab. Edo adalah kakak kelas Amalia saat dia bersekolah di SMP 5 Yogyakarta. Dia bercerita, walau tak begitu dekat, namun mereka saling kenal karena sama-sama bergabung di organisasi Islam sekolah.

Amalia dikenal sebagai seorang perempuan yang sederhana dan kerap aktif di organisasi. Dia terkenal memiliki idealisme yang kuat dan sangat sederhana. Pembelaan lainnya juga datang dari Teman Ahok. Teman Ahok menjelaskan bahwa wanita yang tak berhijab yang fotonya disebarluaskan tersebut bukanlah Amalia Ayuningtyas.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Blokir Google dan YouTube, Apa Jadinya Hidup Kita?

Topik:

Berita Terkini Lainnya