Benarkah Harta dan Wanita Jadi Penghancur Hidup Ayah Marshanda?

Mantan suami anak konglomerat yang diduga playboy

Publik dikejutkan dengan pemberitaan mengenai ayah kandung aktris Marshanda, Irwan Yusuf. Irwan Yusuf terjaring operasi pengemis oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan pada Minggu (27/3). Salah seorang warga yang mengaku sebagai teman akrab Irwan memberikan keterangan mengenai kehidupan pernikahan Irwan.

Benarkah Harta dan Wanita Jadi Penghancur Hidup Ayah Marshanda?

Dia mengatakan setelah Irwan bercerai dengan Riyanti Sofyan (ibu kandung Marshanda), Irwan menikah lagi dengan seorang wanita asal Sukabumi bernama Hera. Wanita itu sangat cantik. Bahkan menurut warga, kecantikan ibu kandung Marshanda kalah. Dari pernikahannya dengan Hera, dia punya tiga anak. Perceraian yang terjadi dengan ibu Marshanda ini bermula sejak pertemuannya dengan Hera.

Benarkah Harta dan Wanita Jadi Penghancur Hidup Ayah Marshanda?

Usai menikah dengan Hera, Irwan tinggal di sebuah rumah kontrakan di Jalan Bangka XI. Sayangnya, pernikahan keduanya tidak berjalan mulus. Istrinya itu terpaksa meninggalkan Irwan lantaran sudah tidak mampu menafkahi secara material, misalnya saja membayar kontrakan.

Kehidupan Irwan Yusuf berubah total setelah pergi meninggalkan istrinya, Riyanti Sofyan yang merupakan anak konglomerat.

Benarkah Harta dan Wanita Jadi Penghancur Hidup Ayah Marshanda?

Irwan Yusuf meninggalkan istrinya Riyanti Sofyan bersama dengan ketiga buah hatinya, Andriani Marshanda, Allyssa Ramadhani dan Aldrian Hasri saat mereka masih balita. Sebelum bercerai, kehidupan Irwan memang sangat mapan. Pasalnya saat itu dia bersama daan Riyanti diberi kewengan mengelola Hotel Sofyan. Hotel tersebut cukup sukses dan menjadi jaringan hotel berbasis syariah pertama di Indonesia.

Benarkah Harta dan Wanita Jadi Penghancur Hidup Ayah Marshanda?

Tetapi, sekarang kehidupannya berbalik 180 derajat. Irwan hidup dalam keterbatasan dan ditemukan mengemis serta menjadi gelandangan di Jakarta. Apa penyebab Irwan dan Riyanti bercerai? Sejumlah media sosial mengatakan bahwa Irwan cerai karena playboy. Riyanti lalu murka dan memilih untuk pisah ranjang.

Benarkah Harta dan Wanita Jadi Penghancur Hidup Ayah Marshanda?Sumber Gambar: tribunews.com

Baca Juga: Kisah Pilu Ayah Marshanda yang Jadi Pengemis di Ibu Kota.

Irwan sebetulnya beruntung menikahi Riyanti. Pasalnya Riyanti adalah keluarga konglomerat. Saat baru menikah, mereka sudah tinggal rumah mewah di Jl Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. Orangtua Irwan juga memiliki rumah mewah di Ciputat, Jakarta Selatan.

Namun, Irwan kabarnya dilarang tinggal di rumah tersebut karena sudah tidak lagi diakui keluarganya. Sekitar tahun 1994 atau 1995, Irwan bercerai dengan Riyanti dan meninggalkan kehidupan sebagai keluarga konglomerat.

Sejarah kesuksesan keluarga Marshanda.

Benarkah Harta dan Wanita Jadi Penghancur Hidup Ayah Marshanda?

Kakek Marsanda atau ayah kandung Riyanti, almarhum Sofyan Ponda adalah pemilik jaringan Hotel Sofyan. Sebuah hotel berbasis syariah yang pertama di Indonesia. Sofyan lahir pada tanggal 8 Juni 1930 dan wafat tahun 2006. Dia pada mulanya adalah seorang pegawai Departemen Keuangan yang memanfaatkan rumahnya di Menteng, Jakarta untuk tempat indekos.

Setelah berhenti sebagai pegawai negeri, pada tahun 1970, Sofyan memutuskan untuk terjun ke bisnis penginapan. Pada tahun 1979, putra Minangkabau ini sempat berkongsi dengan Amir Rasydin Datuk Basa membangun Hotel Menteng I, II dan III. Tetapi, empat tahun kemudian mereka pecah kongsi. Lantas Sofyan mendirikan Sofyan Hotel Corporation.

Benarkah Harta dan Wanita Jadi Penghancur Hidup Ayah Marshanda?

Bersama putranya Riyanto Sofyan, dia mengembangkan Hotel Sofyan dan berhasil masuk bursa saham pada tahun 1989. Hotel Sofyan pun dipegang oleh Riyanto, kakak Riyanti. Riyanto adalah lulusan dari Electrical Engineering di University of Miami, Coral Gables, Florida, Amerika Serikat (1980). Selain itu, Riyanti juga kebagian jatah untuk mengelola bisnis tersebut.

Irwan sempat bersama-sama dengan Riyanti mengelola hotel itu sebelum mereka cerai. Riyanti mengenyam pendidikan di Australia. Tiga tahun kemudian jaringan hotelnya menerapkan prinsip syariah dan menjadi hotel syariah pertama di Indonesia. Artinya, hotel tersebut tidak bisa lagi menerima tamu yang bukan mahram. Mereka juga mengharamkan penjualan minum-minuman keras.

Benarkah Harta dan Wanita Jadi Penghancur Hidup Ayah Marshanda?

Marshanda kehilangan kontak dengan ayahnya sejak bercerai dengan ibunya saat ia masih berusia tujuh atau delapan tahun. Lalu, saat usianya menginjak 15 tahun dan sekitar usia 19-20 tahun, dia bertemu lagi dengan ayahnya. Saat itu kondisi ekonomi ayahnya memang tidak baik.

Benarkah Harta dan Wanita Jadi Penghancur Hidup Ayah Marshanda?

Setelah menjanda 15 tahun, Riyanti Sofyan diketahui telah menikah lagi dengan seorang pengusaha bernama Iwan pada Mei 2015 lalu. Hal ini terlihat dari beberapa foto yang diunggah Marshanda di media sosial Instargam tentang ibu dan ayah barunya.

Baca Juga: Hinaan untuk Marshanda Tidak Membantunya Menyelesaikan Masalah.

Topik:

Berita Terkini Lainnya