Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!

Ada yang pernah tahu komik-komik ini?

Siapa bilang komik-komik menarik cuma milik Amerika? Banyak lho juga seniman Indonesia yang pernah menciptakan komik-komik menarik. Popularitas komik tersebut tentunya juga tak kalah dengan komik dari negara lain yang telah masuk ke Indonesia. Popularitas sejumlah komik di bawah ini pernah melejit pada masanya. Dilihat dari segi cerita dan gambar, komik dalam negeri ini tentu tak kalah dengan komik buatan luar negeri. Apa saja komik-komik tersebut?

1. Gundala Putera Petir

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: anakfilm.com

Gundala merupakan tokoh komik hasil ciptaan Hasmi. Komik ini bercerita mengenai seorang peneliti jenius bernama Sancaka yang menemukan serum anti petir. Suatu hari Sancaka patah hati karena diputuskan pacarnya dan berlari dengan hati galau di tengah hujan deras. Tiba-tiba sebuah petir menyambarnya. Bukannya meninggal, Sancaka malah diberkati kekuatan super, yaitu bisa memancarkan petir dari telapak tangannya.

2. Godam Manusia Besi

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: bagus017.com

Godam merupakan tokoh komik yang diciptakan oleh Wid NS. Komik ini bercerita mengenai Godam si manusia besi yang berasal dari dimensi lain. 

3. Aquanus

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: mbcdpost.com

Komik Aquanus juga adalah hasil ciptaan dari Wid NS. Komik ini bercerita mengenai superhero yang memiliki senjata andalan berupa sabuk. Nama Aquanus berasal dari Aqua yang berarti air, dan Nus dari Dhanus.

4. Pangeran Mlaar

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: tokopedia.com

Pangeran Mlaar merupakan tokoh komik yang diciptakan oleh Hasmi. Akibat suatu rekayasa yang dilakukan oleh pamannya, Mlaar pun memiliki kemampuan elastisitas yang bisa membuatnya mulur dalam batas tertentu.

5. Caroq

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: bpblogspot.com

Caroq merupakan seorang karakter superhero Indonesia karya Ahmad Thoriq. Dia memiliki kekuatan magis untuk mengubah dirinya menjadi seorang superhero. Caroq memiliki dua bilah celurit sakti yang panjang. Dia punya musuh bebuyutan yang bernama Si Tangan Empat dan Si Bengis.

6. Jin Kartubi

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: bumilangit.com

Komik Jin Kartubi bercerita mengenai Kartubi, seorang jin raksasa hamba Maza. Apabila Maza memerlukannya, dia hanya tinggal menggosok pisau belatinya. Kemudian, Kartubi akan muncul sambil tertawa terbahak-bahak.

7. Kalong

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: kalongindonesia.com

Kalong terkenal dengan nama Calong. Ini adalah tokoh komik ciptaan Hasmi. Komik ini bercerita mengenai Kalong yang dapat terbang seperti kelelawar. Dia juga kebal senjata. Ujung jarinya bisa memancarkan sinar "pemaham" (I know, right?). Apabila sinar itu dikenakan pada hewan, maka hewan tersebut bisa mengerti dan berbicara kepadanya untuk memberi keterangan yang jujur.

8. Sembrani

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: bpblogspot.com

Sembrani muncul pertama kali dalam serial Gundala 1000 Pendekar. Komik ini bercerita mengenai seseorang yang bernama Tangguh yang diberi sebuah kalung yang dapat mengubahnya menjadi seorang superhero. Lalu Tangguh berubah nama menjadi Sembrani. Dia memiliki kemampuan untuk menetralisir medan magnet, medan listrik, racun dan juga dapat terbang.

9. Zantoro

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: jagoancomic.com

Zantoro bercerita mengenai pahlawan pembela kebenaran yang merasa sangat geram jika melihat tindak kejahatan di depannya. Banyak penjahat kelas teri dan kelas kakap yang berhasil diringkus oleh Zantoro.

10. Merpati

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: kaorinusantara.com

Komik ini bercerita mengenai Sedhah. Dia adalah seorang wartawati yang hendak menolong ayahnya yang diculik. Sayangnya dia kemudian terjatuh ke dalam sebuah jurang. Dia kemudian ditolong oleh segerombolan merpati. Merpati tersebut kemudian membawanya ke Ratu Merpati. Ratu Merpati memberikan ramuan ajaib kepada Sedhah yang membuat Sedhah memiliki kekuatan super dan dikenal dengan sebutan "Merpati."

11. Mahabharata

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: aprapdita.com

Kisah Mahabarata merupakan salah satu komik terkenal yang dibuat oleh R.A. Kosasih.

12. Si Buta dari Gua Hantu

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: twimg.com

Siapa yang nggak tau kisah si buta dari gua hantu? Komik silat ini dianggap berhasil mempopulerkan kisah silat yang asli nusantara dan kearifan lokal. Ceritanya berlatarkan zaman penjajahan Hindia Belanda.

13. Petruk

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: aguswibowo.wordpress.com

Komik ini bercerita mengenai Gareng, Bagong dan Semar yang aslinya ada di pewayangan juga. Komik ini bercerita mengenai keseharian dari tiga tokok wayang tersebut.

14. Benny & Mice

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: ferinaldy.com

Benny & Mice adalah sebuah komik yang mengomentari kondisi sosial Indonesia saat ini, terutama yang ada di Jakarta.

15. Nusantaranger

Ini 15 Komik Buatan Indonesia yang Nggak Kalah Gokil dari Negara Lain!Sumber Gambar: nusantarangger.com

Nusantaranger adalah komik yang mirip dengan Power Ranger. Tapi komik ini dikemas dengan unsur kelokalan.

Ternyata, kemampuan anak bangsa untuk membuat komik tak kalah dengan negara lain 'kan?

Topik:

Berita Terkini Lainnya