Jokowi Didesak Selesaikan Masalah Ahok untuk Cegah Demo Part II 25 November

Massa tidak akan berhenti sampai keadilan ditegakkan

Para ulama memberikan sejumlah saran dan masukan kepada Presiden Joko Widodo seputar kasus penistaan agama yang dituduhkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Saran dan masukan itu disampaikan langsung kepada presiden saat para ulama yang diundang ke Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu 9 November 2016 sore.

Jokowi Didesak Selesaikan Masalah Ahok untuk Cegah Demo Part II 25 NovemberYudhi Mahatma/ANTARA FOTO

Dikutip Tempo.co, (11/11), salah satu saran yang diberikan adalah agar proses hukum terhadap Ahok harus berjalan secara cepat dan obyektif. Apabila proses hukum berjalan lancar maka upaya demo tidak akan terulang lagi nanti tanggal 25 November. Selain itu, hal yang paling penting adalah proses hukum terhadap Ahok harus adil dan dipercepat. Hal tersebut diungkapkan oleh Ahmad Ruhiyat, pimpinan Pondok Pesantren At Tarbiyah, Karawang, seusai pertemuan dengan Presiden RI.

Ruhiyat mengatakan bahwa para ulama menyadari proses hukum saat ini sepenuhnya ada di tangan kepolisian. Namun, Presiden Jokowi juga mempunyai peranan penting agar penegakan hukum bisa berjalan sebagaimana mestinya. Salah satunya adalah presiden supaya tetap bersikap netral dalam kasus dugaaan penistaan agama ini. Ruhiyat juga meminta presiden memberi instruksi yang ekstra ke kepolisian agar bisa bekerja secara profesional dan tidak pandang bulu.

Ulama menuturkan, jika pemerintah tidak tegas dengan Ahok maka akan ada yang terjadi dua minggu lagi.

Jokowi Didesak Selesaikan Masalah Ahok untuk Cegah Demo Part II 25 NovemberYudhi Mahatma/ANTARA FOTO

Hal yang sama juga disampaikan pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Serang, Sidrajat Ardani. Menurut Sidrajat, para ulama menuntut janji yang disampaikan Kapolri agar kasus Ahok selesai dalam dua pekan setelah demonstrasi yang berlangsung pada Jumat 4 November 2016 pekan lalu. Apabila tanggal 25 tidak diproses secara tegas, maka dikhawatirkan gejolak masyarakat akan kembali terjadi. Dia meminta agar pemerintah bergerak cepat sebelum tanggal 25 November.

Baca Juga: Jusuf Kalla: Kemenangan Donald Trump Akan Susahkan Dunia.

Jokowi Didesak Selesaikan Masalah Ahok untuk Cegah Demo Part II 25 NovemberPuspa Perwitasari/ANTARA FOTO

Ada sekitar 40 ulama yang diundang ke Istana. Mereka adalah pimpinan pondok pesantren di wilayah Banten dan Jawa Barat. Jokowi bersama ulama berdialog sambil duduk lesehan di salah satu ruangan di Istana Negara. Mendampingi Jokowi, di antaranya ada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi. Pertemuan digelar secara tertutup selama sekitar dua jam.

Jokowi menghimbau jangan ada demo lagi tanggal 25 November 2016 nanti.

Jokowi Didesak Selesaikan Masalah Ahok untuk Cegah Demo Part II 25 NovemberYudhi Mahatma/ANTARA FOTO

Presiden Jokowi berharap aksi unjuk rasa susulan pada tanggal 25 November 2016 nanti tidak terjadi. Menurut Jokowi, tuntutan pengunjuk rasa agar Gubernur DKI Jakarta non-aktif diproses hukum terkait dugaan penistaan agama Islam sudah dipenuhi. Tak hanya itu, Jokowi juga meminta agar para ulama dan kiai mengimbau seluruh umat Islam se-nusantara agar tak melakukan aksi unjuk rasa susulan.

Baca Juga: Pernyataan Aa Gym di ILC yang Bikin Hatimu Bergetar.

Topik:

Berita Terkini Lainnya