Kamu Bisa Ikut Mengawasi Pilkada dengan 4 Aplikasi Ini

Yuk pantau Pilkada yang adil dan bebas kecurangan.

Hari yang dinantikan telah tiba. Hari ini Rabu 15 Februari 2017 telah diadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 secara serentak di tujuh provinsi di tanah air.

Kamu Bisa Ikut Mengawasi Pilkada dengan 4 Aplikasi IniJojon/ANTARA FOTO

Dikutip Kompas.com, (15/2), tidak sama seperti sebelumnya, kali ini masyarakat bisa lebih mudah memantau perolehan suara hasil Pilkada 2017 melalui berbagai aplikasi yang mutakhir.

Berikut adalah beberapa jenis aplikasi Android yang bisa dipakai untuk memantau perolehan suara di tempat pemungutan suara (TPS) terdekat. Hebatnya lagi, aplikasi ini tidak hanya berguna untuk memantau hasil perolehan suara Pilkada 2017 di Jakarta saja, namun juga di sejumlah daerah lainnya.

1. Quick Count Pilkada 2017.

Kamu Bisa Ikut Mengawasi Pilkada dengan 4 Aplikasi IniKompas.com

Quick Count Pilkada 2017 merupakan aplikasi yang akan menampilkan data hasil hitung cepat Pilkada 2017 dari berbagai daerah yang melaksanakannya. Kamu pun bisa lebih mudah memantau hasil Pilkada di Bekasi, DKI Jakarta, Lampung Barat, Banten dan Tulang Bawang.

Lembaga survei Rakata Institute akan menampilan secara real time hasil perolah suara melalui aplikasi ini.  Sayangnya aplikasi ini hanya bisa diunduh oleh pengguna sistem operasi Android saja.

2. MataRakyat.

Kamu Bisa Ikut Mengawasi Pilkada dengan 4 Aplikasi IniKompas.com

PT Intouch Innovate Indonesia adalah creator dari aplikasi mutakhir ini. Sama seperti aplikasi nomer satu, aplikasi ini juga akan memberikan info hasil suara Pilkada 2017. Namun, aplikasi ini mengkhususkan untuk hasil Pilkada di DKI Jakarta saja.  

Berbeda dengan Quick Count Pilkada 2017, aplikasi MataRakyat ini bisa dipakai di perangkat bersistem operasi Android dan iOS.

Baca juga: Minta Warga Ikut Nyoblos, Putri Sultan Yogya Sebut "Wahai Rakyatku"

3. Kawal Pilkada.

Kamu Bisa Ikut Mengawasi Pilkada dengan 4 Aplikasi IniKompas.com

Tim pengemban Code4Nation menciptkan aplikasi canggih bernama Kawal Pilkada untuk pengguna Android yang ingin mengetahui hasil Pilkada serentak di sejumlah wilayah di Indonesia.

Kawal Pilkada juga sebelumnya pernah menjadi aplikasi unggulan yang dipakai dalam Pilkada serentak 2015 di 269 daerah. Kali ini para developer aplikasi ini memperbaruinya untuk digunakan dalam Pilkada 2017.

4. Gowaslu.

Kamu Bisa Ikut Mengawasi Pilkada dengan 4 Aplikasi IniGoogle Play

Badan Pengawas Pemilu juga sempat merilis sebuah aplikasi pemantau yang diberi nama Gowaslu. Dikutip dari Liputan6.com aplikasi membuat masyarakat bisa langsung mengadu jika menemukan kecurangan dalam proses pemilihan ke Bawaslu Pusat.
 

Pantau terus Pilkada-mu dan jangan biarkan ada satupun kecurangan yang menghantui!

Baca juga: 5 Cara Ini Bisa Bantu Hilangkan Tinta Ungu Usai Mencoblos

Topik:

Berita Terkini Lainnya