Ketika PKB Berpaling ke Ahok, Gimana Nasib Ahmad Dhani?

Ahmad Dhani berpotensi dilupakan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama nampaknya akan mendapatkan banyak dukungan dari beberapa partai di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 nanti. Meskipun Ahok memutuskan untuk maju secara independen, sepertinya partai politik masih tertarik padanya.

Ketiga partai yang mendukung Ahok tersebut adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kendati belum secara resmi, Ahok tetap yakin meski ketiga partai politik tersebut secara resmi telah mendukungannya.

Ketika PKB Berpaling ke Ahok, Gimana Nasib Ahmad Dhani?Sumber gambar: the-leonardi.com

Ahok telah beberapa kali bertemu Ketua DPD Hanura DKI Mohammad "Ongen" Sangaji. Keduanya memiliki hubungan dekat. Ongen sebelumnya menjabat sebagai Ketua Pansus Hak Angket DPRD DKI Jakarta.

Selain itu, Basuki juga mengatakan telah bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Dia memberi sinyal akan mendukung Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 nanti. Padahal, sebelumnya PAN mengajukan sejumlah nama artis yang menjadi kader partai tersebut, misalnya saja Desi Ratnasari dan Eko Patrio.

Baca Juga: Ini Sosok Tangguh Dibalik Berdirinya Teman Ahok.

Ketika PKB Berpaling ke Ahok, Gimana Nasib Ahmad Dhani?Sumber Gambar: mashar2000.wordpress.com

Basuki juga mendapatkan dukungan dari PKB. Pimpinan partai, Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa partainya memiliki enam kursi di DPRD DKI Jakarta. Padahal, PKB sebelumnya berencana mengusung nama musisi Ahmad Dhani menjadi calon gubernur dalam Pilkada DKI 2017.

Didekati Ahmad Dhani, PKB malah berpaling ke Ahok.

Ketika PKB Berpaling ke Ahok, Gimana Nasib Ahmad Dhani?Sumber Gambar: klimg.com

Meskipun artis Ahmad Dhani telah melakukan pendekatan terhadap PKB, kenyataanya partai ini malah melirik Ahok untuk didukung di Pilkada DKI 2017. PKB memastikan dukungan penuhnya terhadap Ahok apabila dia berkomitmen untuk menyejahterakan rakyat Jakarta. Tetapi jika ada indikasi Ahok melenceng dari tujuan tersebut, maka otomatis PKB putar haluan.

PKB sebelumnya telah memberikan sinyal kepada Ahmad Dhani yang menyatakan ingin maju dalam Pilgub 2017 nanti. Tetapi melihat kedekatan PKB kepada Ahok, apakah PKB nantinya akan meninggalkan Dhani? PKB masih menganggap Dhani sebagai salah satu kandidat.

Ketika PKB Berpaling ke Ahok, Gimana Nasib Ahmad Dhani?sumber gambar : kapanlagi.com

Hasbiallah Ilyas, Ketua DPD PKB DKI Jakarta mengatakan bahwa sikap partainya yang mengarahkan dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bukan berarti PKB melupakan musisi Ahmad Dhani.

Bahkan, dia mengatakan bahwa Ahmad Dhani dan Ahok adalah bakal calon gubernur yang sama-sama kuatnya. Mengenai siapa yang nantinya akan diusung PKB, Hasbi mengatakan bahwa hal tersebut ditentukan berdasarkan elektabilitas mereka di tingkat anak cabang sampai ke provinsi.

Jika dalam penjaringan tersebut Ahok dinyatakan memiliki elektabilitas tertinggi, maka PKB akan mendukung Ahok. Begitupun jika Ahmad Dhani yang lolos tahap penjaringan, maka PKB akan mendukungnya.

Baca Juga: Meski Populer Belum Tentu Ahok Menang dalam Pilkada 2017.

Topik:

Berita Terkini Lainnya