Kondisi Terkini Demo 4 November: Demonstran Akan Bergerak ke Istana Negara

Semoga semua berjalan damai

Aksi demo 4 November 2016 sangat menyita perhatian. Salah satu titik kumpul massa berada di Jalan Menteng Raya, dekat Tugu Tani, Jakarta Pusat.

Dilansir Tempo.co, (4/11), kebanyakan para demonstran menggunakan pakaian berwarna putih dan membawa berbagai bendera. Mereka juga bershalawat sambil berjalan. Ada pula bus-bus pariwisata yang baru tiba di sekitar Jalan Medan Merdeka Timur. Bus-bus tersebut mengangkut demonstran dari berbagai lokasi.

Kondisi Terkini Demo 4 November: Demonstran Akan Bergerak ke Istana NegaraWahyu Putro A/ANTARA FOTO

Demonstran sudah selesai menunaikan shalat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal. Dari Masjid Istiqlal, demonstran akan bergerak menuju ke depan Istana Negara. Setelah itu, rencananya demonstran akan berjalan kaki menuju Gedung MPR/DPR RI.

Demonstrasi itu bertujuan untuk menuntut proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama karena mengutip ayat Al Quran. Aksi demonstrasi tersebut merupakan aksi lanjutan dari aksi yang pernah digelar pada 14 Oktober 2016 lalu. Pihak kepolisian bersama TNI telah menyiagakan 18.000 personel keamanan untuk mengawal demo 4 November tersebut.

Massa berjanji ini tidak akan menjadi aksi yang merusak.

Kondisi Terkini Demo 4 November: Demonstran Akan Bergerak ke Istana NegaraReno Esnir/ANTARA FOTO

Pihak Kepolisian dan KPAI telah mengimbau massa demo hari ini untuk tidak melibatkan anak-anak di bawah umur. Munarman selaku juru bicara FPI (Front Pembela Islam) menyampaikan bahwa aksi demonstrasi ini akan berlangsung dengan damai.

Baca Juga: Viral di YouTube, Goyangan Kakek ini Tunjukkan Kalau Usia Hanya Angka Belaka.

Ditambah lagi, Ketua Pembina GNPF-MUI, Habib Rizieq Shihab juga ikut memberikan garansi bahwa aksi yang akan dilakukan ratusan ribu massa tersebut bukan aksi pemaksaan kehendak dan bersifat merusak. Ini murni adalah aksi damai untuk penegakkan hukum, bukan aksi pemaksaan kehendak untuk merusak.

Kondisi Terkini Demo 4 November: Demonstran Akan Bergerak ke Istana NegaraSigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Menghadapi rencana aksi demonstrasi akan berlangsung di seputaran Istana Negara, Balai Kota, dan gedung DPR, keamanan di sejumlah stasiun diperketat. Delapan stasiun itu adalah Juanda, Gondangdia, Manggarai, Tibet, Sudirman, Palembang, Tanah Abang, dan Bekasi.

Adapun untuk Transjakarta, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono mengatakan Transjakarta tetap beroperasi seperti biasa. Untuk itu, dia meminta kepada para pengguna jasa transportasi Transjakarta agar tak takut bepergian. PT Transjakarta juga sudah menyiapkan 300 petugas yang memantau jalur Transjakarta.

Aparat kepolisian dan TNI juga telah dikerahkan.

Kondisi Terkini Demo 4 November: Demonstran Akan Bergerak ke Istana NegaraSigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Ratusan aparat dari Kepolisian Daerah Jawa Timur menginap di Balai Kota, Jakarta telah berada di Balai Kota sejak Minggu lalu. Gabungan aparat kepolisian dan TNI juga mulai berjaga di sejumlah titik. Aksi ini tidak membuat para cagub cawagub DKI Jakarta mengurungkan agenda kampanye yang super padat. Agus, Ahok dan Anies tetap beraktivitas normal.

Saat demonstrasi ini berlangsung, Agus Harimurti Yudhoyono, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan tetap melakukan rangkaian aktivitas kampanye. Agus, cagub DKI Jakarta nomor urut 1 itu berencana menunaikan shalat jumat di Pondok Indah. Dia juga akan melakukan kegiatan internal.

Sedangkan Ahok mengaku tetap blusukan di Jakarta. Cagub DKI Jakarta nomor urut 2 itu akan melakukan pengecekan lapangan. Sementara itu, Anis dan Sandi berencana kampanye di 10 titik. Para cagub cawagub ini juga mengimbau agar aksi berlangsung damai. Para pendemo juga diminta mewaspadai upaya-upaya provokasi dari para penyusup saat demonstrasi berlangsung.

Baca Juga: Wajahnya Benar-benar Mirip Lionel Messi, Pria Ini Bikin Heboh Media Sosial.

Topik:

Berita Terkini Lainnya