Meski Diusung Sebagai Cagub, Ridwan Kamil Harus Penuhi 3 Syarat NasDem

Surya Paloh tegaskan tidak ada mahar politik.

Ada tiga kesepakatan yang terjadi antara Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Syarat tersebut harus dipenuhi dalam rangka pencalonan Ridwan sebagai Gubernur Jawa Barat dalam Pilkada Serentak 2018. Seperti diketahui, Partai Nasdem akhirnya menambatkan dukungannya kepada Ridwan pada Pilkada Jawa Barat tahun depan. Dukungan ini cukup mengejutkan mengingat hingga saat ini baru partai tersebut yang dengan gamblang mendeklarasikan dukungannya. Selain itu, sejauh ini juga baru Ridwan kamil yang sudah mengaku siap bertarung pada pemilihan Gubernur. 

Meski Diusung Sebagai Cagub, Ridwan Kamil Harus Penuhi 3 Syarat NasDemAgus Bebeng/ANTARA FOTO

Dikutip Tempo.co, (20/3), Paloh menjelaskan bahwa tiga syarat tersebut harus dilakukan oleh Ridwan Kamil supaya dirinya bisa mendapatkan dukungan dari NasDem. Pertama, jika menang pada Pilkada Jawa Barat, Ridwan Kdiminta menjadikan Jawa Barat sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat Jawa Barat.

Kedua, meski didukung olelh sejumlah partai, Ridwan harus menjadi milik seluruh lapisan masyarakat. Secara tegas, Paloh bahkan melarang Ridawan untuk tidak bergabung dengan partai manapun. Syarat ketiga adalah Ridwan diminta mampu mengonsolidasikan roda pemerintahan di bawah dirinya. Selain itu dia juga diharuskan mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo sekaligus mempersiapkan Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Palih mengklaim tak menyaratkan mahar apapun.

Meski Diusung Sebagai Cagub, Ridwan Kamil Harus Penuhi 3 Syarat NasDemAgus Bebeng/ANTARA FOTO

Selain berbagai syarat tersebut, Surya paloh mengklaim tidak membebankan apapun kepada sang kandidat. Bahkan, dia memastikan bahwa tidak ada mahar politik dari upaya dukungannya membawa Ridwan memenangkan Pilkada 2018 nanti.

Baca Juga: Golkar dan NasDem Mulai Goda Pendukung Agus untuk Beralih ke Ahok. 

Kenapa NasDem dengan cepat mendukung Ridwan Kamil?

Meski Diusung Sebagai Cagub, Ridwan Kamil Harus Penuhi 3 Syarat NasDemAgus Bebeng/ANTARA FOTO

Langkah cepat memberikan dukungan kepada Ridwan Kamil dilakukan oleh NasDem supaya pihaknya bisa melakukan pemetaan permasalahan dan program yang terbaik untuk masyarakat Jabar.

Dia juga menegaskan bahwa hal tersebut akan lebih memudahkan untuk mengantisipasi hal-hal mana yang harus diperkuat dan mana yang harus dikoreksi. Dengan menempatkan deklarasi lebih awal, maka pihaknya akan lebih mudah membawa Ridwan Kamil memenangkan kompetisi kali ini.

Baca Juga: Pendukung Membelot, NasDem Tuding Anies-Sandi Menyesatkan!

Topik:

Berita Terkini Lainnya