Comscore Tracker

Program DP Rumah Rp 0 Anies Membuat Gubernur BI Buka Suara

Mungkinkah?

Masih ingat dengan janji Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan soal program perumahan tanpa down payment (DP) atau uang muka? Program unggulan ini dipromosikan oleh Anies bersama calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomer tiga Sandiaga Uno saat masa kampanye.

Gubernur BI komentari kebijakan Anies.

Program DP Rumah Rp 0 Anies Membuat Gubernur BI Buka SuaraAditia Noviansyah/Tempo.co

Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo menanggapi rencana Anies tersebut. Dia mengatakan bahwa program yang dikemukakan Anies ini menyalahi aturan otoritas. Rumah dengan DP nol persen menurutnya menyalahi aturan dan berpotensi mendapatkan teguran dari otoritas. Pasalnya, dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI), BI menetapkan bahwa uang muka kepemilikan rumah pertama adalah sebesar 15 persen.

Tidak hanya Gubernur BI, program Anies Baswedan ini juga dikomentari oleh cagub Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Ahok mengatakan bahwa program tersebut akan sulit direalisasikan karena memicu bentrok dengan DPRD.

Baca Juga: Anies-Sandi Janji Bangun Stadion Sekelas Old Trafford, Ini Reaksi Netizen!

Anies diimbau untuk minta maaf dan mencabut programnya.

Program DP Rumah Rp 0 Anies Membuat Gubernur BI Buka SuaraIDN Times

Program itu juga mendapatkan tentangan dari kalangan pengacara. Petrus Selestinus, Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) & Advokat Peradi mengimbau kepada Anis Baswedan dan Sandiaga Uno untuk meminta maaf kepada publik terkait program Kredit Pemilikan Rumah/KPR tanpa DP atau DP Nol Persen. Menurutnya, program tersebut berisi materi muatan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan BI.

Anies luruskan pernyataannya.Program DP Rumah Rp 0 Anies Membuat Gubernur BI Buka Suara

IDN Times

Sadar programnya jadi bahan pembicaraan publik, Anies pun mengklarifikasi pernyatannya. Dikutip dari Kompas.com, (18/2), Anies mengatakan program tersebut merupakan solusi darinya melihat warga Jakarta saat ini banyak yang kesulitan untuk memiliki rumah. Karena itulah apabila terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta 2017-2022, Anies akan memberikan penawaran kredit rumah tanpa DP untuk warga.

Untuk mengindari salah persepsi mengenai program tersebut, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan bahwa program ini bukan DP nol persen, tapi DP nol Rupiah.  Selain itu, Anies juga berjanji akan memasang pipa air bersih secara gratis ke rumah-rumah dengan luas minimal 150 meter di Jakarta. Hal tersebut diklaim bisa tuntas dalam lima tahun pemerintahannya.

Baca Juga: Kalah Pilkada DKI, Demokrat Merapat ke Kubu Anies?

Topic:

Berita Terkini Lainnya