Pura-pura Ajukan Kredit, Dua Pria Bobol Bank Rp 836 miliar

7 bank menjadi korban

Kasus pembobolan bank kini tengah mejadi perhatian mendalam oleh pihak kepolisian. Terbukti dengan penemuan dari Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Bareskrim Polri dalam kurun waktu Maret-Desember 2015. Tujuh bank dilaporkan merugi Rp 836 miliar akibat aksi pembobolan yang dilakukan orang tak bertanggung jawab.

Pura-pura Ajukan Kredit, Dua Pria Bobol Bank Rp 836 miliarAri Bowo Sucipto/ANTARA FOTO

Dikutip Kompas.com, (10/3), Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya mengungkapkan kasus pembobolan bank tersebut bermula saat Direktur PT Rockit Adelway bernama Harry Suganda (HS) mengajukan permohonan kredit kepada tujuh bank yang berasal dari bank swasta maupun bank pelat merah.

Dalam aturan kredit modal kerja, diperlukan dokumen surat kontrak perusahaan dengan perusahaan lainnya sebagai tanda bisnis perusahaan berjalan. Namun, Harry lantas mencatut nama 10 perusahaan dan memalsukan dokumen surat kontrak tersebut.

Parahnya lagi, Harry juga menyuap salah seorang manajer di salah satu bank dengan nilai Rp 700 juta. Sang manajer yang berinisial D tersebut kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: 7 Alasan yang Bikin Kamu Bahagia dan Bersyukur Punya Pasangan Pegawai Bank. 

Kasus ini berhasil diungkap dua tahun kemudian.

Pura-pura Ajukan Kredit, Dua Pria Bobol Bank Rp 836 miliarLucky R./ANTARA FOTO

Baik HS maupun D ditangkap pada tanggal 22 Februari 2017. Harry ternyata cukup cerdas dalam melakukan aksinya. Dia pun memakai modus cerdik dengan cara membangkrutkan perusahaan PT Rockit Aldeway-nya supaya terhindar dari pembayaran  kredit.

Kini HS dan D akan diadili dengan sejumlah pasal, yaitu Pasal 49 ayat (2) UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, Pasal 263 dan 378 KUHP tentang pemalsuan, serta Pasal 3 dan 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. HS sendiri ternyata sebelumnya adalah mantan pegawai bank sehingga tidak heran jika dia tau seluk beluk perbankan dengan baik.

Baca Juga: Manis nan Ayu, Ini 6 Frontliner Bank yang Pas Dijadikan Sosok Menantu Idaman. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya