463 Jiwa Terdampak Banjir Jakarta, Genangan Mulai Surut di 2 Kecamatan

DKI Jakarta diperkirakan masih dilanda hujan deras

Intinya Sih...

  • Hujan deras dan banjir melanda enam kecamatan di DKI Jakarta, akibatnya 463 jiwa dan 146 rumah terdampak.
  •  

Jakarta, IDN Times - Hujan dengan intensitas tinggi disertai durasi yang cukup lama, menyebabkan banjir melanda sebagian wilayah Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (25/5/2024). Akibatnya, sebanyak 463 jiwa di enam kecamatan terdampak banjir.

Enam kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Jagakarsa, Kecamatan Pancoran, Kecamatan Pasar Minggu, Kecamatan Jatinegara, Kecamatan Kramat Jati, dan Kecamatan Penjaringan. Rata-rata warga terdampak banjir dengan ketinggian air 30-200 cm.

Baca Juga: Heru: Titik Banjir Jakarta Turun Drastis dalam Enam Jam

1. Sebanyak 146 rumah terdampak banjir

463 Jiwa Terdampak Banjir Jakarta, Genangan Mulai Surut di 2 KecamatanKondisi banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta, Sabtu (25/5/2024). (Dok. BPBD DKI)

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat 463 jiwa dan 146 rumah terdampak banjir ini.

"(Banjir) berakibat terganggunya aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat pada wilayah yang terendam banjir," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis.

2. DKI Jakarta masih akan dilanda hujan deras

463 Jiwa Terdampak Banjir Jakarta, Genangan Mulai Surut di 2 KecamatanKondisi banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta, Sabtu (25/5/2024). (Dok. BPBD DKI)

Menurut laporan peringatan dini yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Provinsi DKI Jakarta masih akan dilanda hujan deras dengan status waspada hari ini.

"BPBD Provinsi DKI Jakarta hingga saat ini masih terus melakukan pendataan dan monitoring dampak banjir ini ke aparat kecamatan dan kelurahan di daerah terdampak banjir," kata Muhari.

Baca Juga: Jumlah RT di Jakarta yang Tergenang Bertambah Jadi 47, Ini Wilayahnya

3. Banjir di dua kecamatan sudah mulai surut

463 Jiwa Terdampak Banjir Jakarta, Genangan Mulai Surut di 2 KecamatanBanjir di wilayah Condet, Jakarta Timur, Sabtu (25/5/2024) (Dok. BPBD DKI)

Muhari menyebutkan kondisi terakhir dilaporkan beberapa wilayah kelurahan terdampak banjir sudah mulai surut.

"Yang berada di Kecamatan Penjaringan dan Kecamatan Jagakarsa sebagian besar sudah mulai surut," imbuhnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya