7 Potret Pasca-Kecelakaan Maut KM 58 Tol Jakarta-Cikampek

Kecelakaan maut KM 58 merenggut 12 jiwa

Jakarta, IDN Times - Kecelakaan maut di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4/2024) pukul 07.04 WIB memakan 12 korban jiwa, dan dua korban luka. Peristiwa kecelakaan ini diduga bermula karena mobil Gran Max mengalami kerusakan, dan menepi di luar jalur contra flow arah Jakarta.

Kecelakaan ini melibatkan tiga kendaraan yakni Gran Max, Daihatsu Terios, dan bus Primajasa 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengunjungi RSUD Karawang, Jawa Barat untuk meninjau korban kecelakaan KM 58 Tol Jakarta Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4/2024) sore. Dalam kesempatan itu, Kapolri mengungkap terdapat 12 korban meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

“Dari 12 jenazah terdiri dari tujuh laki-laki dan lima wanita, saat ini semuanya sedang dalam proses post mortem untuk mengambil jaringan tubuh kemudian juga properti-properti yang masih bisa diangkat,” kata Kapolri.

Kapolri menjelaskan, petugas berhasil menemukan dua Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari 12 korban tewas. Kepolisian pun telah menghubungi pihak keluarga yang berasal dari Ciamis dan Bogor.

Hingga saat ini, kata Kapolri, baru ada empat keluarga yang telah mendatangi RSUD Karawang untuk membantu mengidentifikasi korban. Kapolri mengaku musibah ini akan menjadi bahan evaluasi pihaknya.

“Kami ucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas peristiwa yang terjadi dan menimpa di situasi mudik yang artinya ini adalah peristiwa yang sebenarnya tidak kita inginkan. Namun demikian ini menjadi suatu musibah yang menjadi bahan evaluasi,” kata dia.

Berikut deretan potret pasca-kecelakaan KM 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek). 

Baca Juga: Detik-Detik Kecelakaan di KM 58 Jakarta-Cikampek

1. Polri langsung menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) usai kecelakaan maut di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek.

7 Potret Pasca-Kecelakaan Maut KM 58 Tol Jakarta-CikampekPolri langsung menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) usai kecelakaan maut di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek, Senin (8/4/2024). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc)

2. Bus Primajasa yang terlibat kecelakaan maut di KM 58 diangkut ke pool Derek Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat.

7 Potret Pasca-Kecelakaan Maut KM 58 Tol Jakarta-CikampekBus Primajasa yang terlibat kecelakaan maut di KM 58 diangkut ke pool Derek Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (8/4/2024) (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc)

3. Salah satu minibus yang terlibat kecelakaan ringsek, hingga tak bebentuk kendaraan lagi.

7 Potret Pasca-Kecelakaan Maut KM 58 Tol Jakarta-CikampekSalah satu minibus yang terlibat kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek, Senin (8/4/2024). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc)

4. Petugas saat mengevakuasi bangkai kendaraan yang terlibat kecelakaan.

7 Potret Pasca-Kecelakaan Maut KM 58 Tol Jakarta-CikampekPetugas mengevakuasi bangkai kendaraan yang mengalami kecelakaan di Tol Jakarta-CIkampek KM 58, Karawang Timur, Jawa Barat, Senin (8/4/2024). (ANTARA FOTO/Awaludin/Ak/nz/pri.)

5. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy langsung meninjau lokasi kecelakaan.

7 Potret Pasca-Kecelakaan Maut KM 58 Tol Jakarta-CikampekMenko PMK Muhadjir Effendy cek lokasi kecelakaan ruas Tol Cikampek KM 58. (dok. Kemenko PMK)

Itulah potret kecelakaan maut KM 58 Tol Jakarta-Cikampek yang merenggut 12 jiwa.

Baca Juga: Kapolri Sebut 12 Korban Tewas Kecelakaan KM 58 Mengalami Luka Berat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya