Comscore Tracker

Bawaslu Catat 5 Temuan, PSU Pilkada Kalsel 2020 Dianggap Lancar 

Secara keseluruhan Pilgub Kalsel berjalan lancar

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengapresiasi pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Kalimantan Selatan 2020 berjalan aman dan tertib, serta antusiasme pemilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Hal itu disampaikan Ilham saat meninjau beberapa TPS bersama rombongan Forkopimda Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Rabu (9/6/2021), untuk memastikan petugas di lapangan bekerja sesuai dengan prosedur yang ada, sehingga PSU berjalan baik.

Sebagai informasi, pada hari ini, tiga daerah di Kalimantan Selatan melaksanakan PSU untuk memilih gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan.

PSU tersebut di antaranya dilaksanakan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, yang berjalan aman dan tertib dengan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Baca Juga: Menang PSU, Heri Amalindo Pimpin PALI 12 Tahun

1. Warga antusias mendatangi TPS

Bawaslu Catat 5 Temuan, PSU Pilkada Kalsel 2020 Dianggap Lancar Ketua KPU Ilham Saputra dan Forkopimda Kalsel saat meninjau TPS PSUPilkada Kalsel 2020, Rabu (9/6/2021). (ANTARA/Antaranews Kalsel.5)

Warga yang memiliki hak pilih, juga antusias menyalurkan hak suaranya secara bergantian, dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan yang telah disiapkan panitia di masing-masing TPS.

Seperti halnya di TPS 16, Kelurahan Tanjung Pagar dan TPS 07 Banjar Indah, Kelurahan Pemurus Dalam, secara bergantian warga terlihat antusias mengikuti pelaksanaan PSU ini secara tertib.

Melalui PSU, warga berharap pemimpin terpilih dapat membangun Kalimantan Selatan lebih maju lagi, dan dapat meningkatkan harapan masyarakat di daerah ini.

"Harapannya nanti yang terpilih bisa membangun banua lebih maju lagi dan bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat lebih baik lagi," kata Seila Desesta, salah seorang pemilih, seperti dilansir ANTARA, Rabu (9/6/2021).

Sementara, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan menyatakan pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020 berjalan lancar dan kondusif.

"Berdasarkan supervisi kami Bawaslu RI melihat dan menyaksikan langsung di lapangan di beberapa tempat pemungutan suara, bisa dikatakan berjalan lancar dan kondusif," ujar Abhan dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu Kalsel.

Menurut Abhan, PSU Pilgub Kalsel yang digelar hari ini bisa dikatakan berjalan lancar dan kondusif, karena tidak ada gangguan keamanan yang signifikan.

Menurut dia, kepatuhan penyelenggara dalam melaksanakan tugas sesuai tahapannya juga baik, termasuk kelengkapan peralatan untuk pelaksanaan PSU di TPS.

"Ini saya kira karena faktor kesiapan penyelenggara teknis KPU dan juga jajaran pengawas kami," ujar Abhan.

Dia juga menyatakan petugas pengawas berjenjang dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga kecamatan, kelurahan dan desa hingga TPS sudah melakukan berbagai upaya pencegahan dengan baik.

"Kami akan mengawasi tingkat berikutnya hingga pelaksanaan rekapitulasi," ujar Abhan.

2. Terjadi beberapa kendala di lapangan

Bawaslu Catat 5 Temuan, PSU Pilkada Kalsel 2020 Dianggap Lancar Ketua Bawaslu RI Abhan saat jumpa pers terkait pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020, Rabu (9/6/2021). (ANTARA/Antaranews Kalsel/Sukarli.)

Abhan menyampaikan, meski berjalan lancar dan aman pada pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel, namun pihaknya ada catatan beberapa temuan di lapangan.

Misalnya, ujar Abhan, akses TPS yang kurang berpihak pada pemilih disabilitas, terkait hak pilih juga ada perbedaan penafsiran antara penyelenggara di tingkat TPS soal administrasi penggunaan KTP-el atau surat keterangan sebagai pemilih.

Selain itu, kata Abhan, terkait kepatuhan menjalankan protokol kesehatan, misalnya, terjadi penumpukan pemilih, juga ketiadaan disiapkan bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas rata-rata.

"Juga ada kami temukan pemilih yang memaksa untuk menjadi perantara keluarganya yang tidak hadir, bisa digantikan dia memilih," katanya.

Namun dari semua kendala ini, menurut Abhan, dapat ditangani di lapangan, sehingga pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020 bisa dikatakan lancar dan aman.

3. PSU dilaksanakan berdasarkan keputusan sidang MK

Bawaslu Catat 5 Temuan, PSU Pilkada Kalsel 2020 Dianggap Lancar Ilustrasi sidang MK (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

PSU Kalsel dilaksanakan berdasarkan keputusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jum'at, 19 Maret 2021, terkait sengketa Pilkada Kalsel 2020 antara pasangan H Sahbirin Noor dan H Muhidin (BirinMu) paslon 1, melawan pasangan H Denny Indrayana dan H Defriadi (H2D) paslon 2.

PSU Pilkada Kalsel 2020 itu sesuai perintah MK pelaksanaannya di Kabupaten Banjar meliputi Kecamatan Sambung Makmur, Martapura, Astambul, Matraman dan Aluh-Aluh, satu kecamatan di Kota Banjarmasin, yakni Banjarmasin Selatan, serta 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Total TPS berjumlah 827 titik, dengan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 266.736 jiwa.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kalsel 2020 adalah, Paslon nomor urut 1, H Sahbirin Noor dan H Muhidin serta Paslon nomor urut 2, Prof H Denny Indrayana dan H Difriadi Derajat.

Baca Juga: Menang PSU, Heri Amalindo Pimpin PALI 12 Tahun

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya