[BREAKING] 2 Kali Erupsi Sejak Pagi, Status Gunung Sinabung Siaga

Status Sinabung Lebel III

Jakarta, IDN Times - Gunung Sinabung di Sumatra Utara, kembali erupsi dengan menyemburkan tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter di atas puncak Sinabung, pada Jumat (14/8/2020) pukul 14.25 WIB.

"Telah terjadi erupsi G Sinabung, Sumatra Utara pada 14 Agustus 2020 pukul 14.25 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.500 m di atas puncak (± 3.960 m di atas permukaan laut)," demikian pernyataan tertulis Badan Geologi seperti disampaikan melalui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kamis.

Badan Geologi juga menyebutkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 68 mm dan durasi ± 3 menit 49 detik.

"Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga)," sebut Badan Geologi.

Badan Geologi mengimbau masyarakat atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Ggunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, Badan Geoligi mengimbau masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah, untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," tulis BMKG.

Baca Juga: Kembali Erupsi, Sinabung Semburkan Kolom Abu Lebih Tinggi dari Kemarin

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya