[BREAKING] Sebelum Maluku Utara, Gempa 6,6 SR Guncang Australia Barat

Hingga kini belum ada laporan adanya kerusakan

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) sempat mengguncang wilayah Australia bagian barat, sebelum gempa bumi berkekuatan 7,2 SR menggoyang wilayah Maluku Utara hari ini, Minggu (14/7) pukul 16.10 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, gempa tersebut terjadi pada pukul 12.39 WIB. Episenter gempabumi terletak di koordinat 18,24 Lintang Selatan dan 120,3 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 878 Km arah selatan Kabupaten Rote Ndao, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di kedalaman 10 Km.

"Wilayah laut di sebelah utara Australia Barat diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=6,6," kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya.

Rahmat menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat aktivitas sesar lokal di Utara Port Hedland, Australia Barat.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi di wilayah laut di Australia Barat ini, dibangkitkan deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (strike-slip fault).

"Gempa barat laut Australia ini tercatat dengan baik pada sensor seismik BMKG seperti: PLAI (Plampang) pukul 12:41:42 WIB, WBSI (Waikabubak) pukul 12:41:26 WIB , WSI (Waingapu) pukul 12:41:27 WIB , KLNI (Lombok) 12:41:52, BATI (Kupang) pukul 12:41:30 WIB," kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan guncangan dirasakan di Waingapu, Sumbawa, Bima dalam skala intensitas III MMI dan Mataram II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 13.04 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," kata dia.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7,2 SR mengguncang wilayah Maluku Utara. BMKG menyatakan, gempa ini berada di titik koordinat 0.59 Lintang Selatan dan 128.06 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 Km di dasar laut, yang berjarak 62 km timur laut Labuha, Maluku Utara.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 7,2 SR di Maluku Utara Tidak Berpotensi Tsunami

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya