Comscore Tracker

[BREAKING] Menkes Konfirmasi WNI yang Dievakuasi dari Wuhan 238 Orang

Ada beberapa WNI yang batal dievakuasi dari Wuhan

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto membenarkan jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari wabah virus Corona di Wuhan, Tiongkok, sebanyak 238 orang. Sebanyak tujuh orang batal dievakuasi.

Ratusan WNI tersebut telah tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2) sekitar pukul 08.30 WIB. Mereka yang menumpangi pesawat Batik Air itu keluar dari pesawat sekitar pukul 09.00 WIB.

"Jumlah warga, data awal 238. Saya akan cek semua, saya akan tunggui sendiri turun pesawat, diperiksa, akan cek ulang. Kalau clear pakaian-pakaian ini tak diperlukan lagi, tinggal pakai masker saja," ujar Menkes dalam wawancara langsung bersama jurnalis TV One, Minggu.

Terawan menjelaskan kunjungan dirinya di hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau, pagi ini, untuk menyambut langsung WNI yang baru tiba dari Wuhan serta meninjau persiapan tempat untuk karantina.

"Saya harus meyakinkan persiapan clear. Kalau saya tak cek, saya tak turun. Artinya saya tak bisa beri kepercayaan pada kru saya. Yakinkan tahap WHO sesuai prosedur," ujar Menkes.

Dari laporan tersebut disebut-sebut, sebanyak tujuh dari 245 WNI yang batal dipulangkan ke Indonesia, empat di antaranya menolak kembali ke tanah air, dan tiga lainnya tak lolos screening kesehatan. Sehingga total ada 238 WNI yang dievakuasi ke Indonesia.

Sebanyak 238 WNI itu tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2) sekitar pukul 08.30 WIB, menggunakan pesawat Batik Air dan keluar dari pesawat sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat turun dari tangga pesawat, sejumlah petugas berpakaian kapsul berwarna putih dan kuning menyemprotkan cairan disinfeksi kepada setiap penumpang. Di antara mereka terdapat anak-anak. Mereka menggunakan jaket dan penutup kepala serta masker.

Setelah transit di Bandara Hang Nadim, mereka langsung diterbangkan diterbangkan ke Natuna menggunakan pesawat Hercules, untuk menjalani karantina selama dua pekan.

Baca Juga: [BREAKING] 7 dari 245 WNI Batal Dievakuasi dari Wuhan

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya