[BREAKING] Sinabung Erupsi, Semburkan Awan Panas Hingga 1.000 Meter

Sinabung menyemburkan tinggi kolom abu sekitar 1.000 meter

Jakarta, IDN Times - Gunung Sinabung di Sumatra Utara kembali erupsi pada Minggu (23/8/2020) pukul 07.41 WIB. Kali ini, Sinabung menyemburkan tinggi kolom abu sekitar 1.000 meter di atas puncak gunung.

"Dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.000 meter di atas puncak (± 3.460 meter di atas permukaan laut/mdpl). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur," tulis laporan Badan Geologi, yang dikutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Minggu.

Badan Geologi juga melaporkan erupsi kali ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 12 menit 27 detik. Namun, kali ini teramati terjadi awan panas dengan ketinggian 1.000 meter. Kini, status Sinabung level III atau Siaga.

"Terjadi awan panas ke tenggara sejauh 1.000 meter," tulis laporan Badan Geologi.

Badan Geologi mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," imbau Badan geologi.

Selain itu, Badan Geologi juga mengimbau kepada masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Perlu diketahui, sepanjang sepekan terakhir, Gunung Sinabung hampir tiap hari mengalami erupsi dengan menyemburkan tinggi kolom abu rata-rat 1.000 hingga 2.000 meter di atas puncak Sinabung.

Baca Juga: BNPB Minta Pemkab Karo Siaga Erupsi Besar Gunung Sinabung 

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya