Bupati Pegunungan Bintang Ikut Mencari Helikopter MI 17

Pencarian jalur darat dihentikan

Jakarta, IDN Times - Bupati Pegunungan Bintang Constan Oktemka, mengunjungi kampung-kampung Selasa pagi (2/7), untuk menanyakan warga terkait keberadaan Helikopter MI 17 yang hilang kontak sejak Jumat (28/6).

Danrem 172 PWY Kol Inf Binsar Sianipar mengatakan, Bupati Pegunungan Bintang didampingi Dandim 1702 Wamena Letkol Inf Candra Dianto sudah terbang menggunakan helly bell 206 milik PT Intan Perkasa dari Oksibil.

1. Bupati Pegunungan Bintang menyusuri kampung-kampung yang jadi rute helikopter MI 17

Bupati Pegunungan Bintang Ikut Mencari Helikopter MI 17ANTARA News Papua/Evarukdijati

Helly menerbangkan Bupati Oktemka ke kampung-kampung di rute yang diduga dilalui helikopter berpenumpang 12 orang termasuk awak helikopter.

“Bupati dan rombongan akan ke beberapa kampung, guna menanyakan kepada masyarakat, apakah mendengar atau mengetahui keberadaan heli milik TNI AD,” kata Binsar, dilansir kantor berita Antara, Selasa (2/7).

Binsar mengatakan untuk menjangkau kampung-kampung yang disinggahi jika menggunakan jalur darat membutuhkan waktu hingga berhari-hari.

Baca Juga: Masih Pencarian, Helikopter MI 17 Diduga Hilang di Gunung Aprok Papua

2. Pencarian jalur darat tidak membuahkan hasil

Bupati Pegunungan Bintang Ikut Mencari Helikopter MI 17Google Map

Pencarian saat ini difokuskan lewat udara, karena tim darat sudah ditarik setelah tidak mendapat informasi lanjutan. Sebab, awalnya masyarakat di Oksob mengaku mendengar suara helikopter, tetapi tidak terlihat akibat cuaca berkabut saat itu.

Kendati, kata Binsar, tim darat tetap siaga di Kampung Mirin, menunggu informasi lanjutan. “Mudah-mudahan tim segera dapat informasi tentang keberadaan heli tersebut,” kata Binsar, yang turut memantau di Oksibil.

3. Pilot sempat mengucapkan terima kasih

Bupati Pegunungan Bintang Ikut Mencari Helikopter MI 17Google Map

Helikopter MI 17 bernomor registrasi HA-5138 yang membawa 12 penumpang beserta awak, yang sebelumnya terbang ke Okbibab untuk melakukan pengiriman logistik kepada prajurit yang bertugas di wilayah tersebut.

Okbibab, merupakan salah satu distrik atau kecamatan di Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini (PNG). Sekitar pukul 11.44 WIT, heli terbang ke Jayapura dan sesaat setelah terbang, yakni pukul 11.49 WIT, pilot sempat mengucapkan "terima kasih" setelah melaporkan terbang di ketinggian 7.800 feet, 6 notical mile ke utara.

Adapun nama awak helikopter milik TNI AD yakni Kapten CPN Aris (pilot), Lettu CPN Bambang (pilot), Lettu CPN Ahwar (co pilot), Serka Suriyatna, Serda Dita, Praka Dwi Purnomo dan Pratu Aharul. Sedangkan anggota satgas pamtas Yonif 725/WRG yang ikut dalam helikopter tersebut yaitu Serda Ikrar Setya Nainggolan, Pratu Yanuarius Loe, Pratu Risno, Prada Sujono Kaimuddin dan Prada Tegar Hadi Sentana.

Baca Juga: Pencarian Hari ke-4, Helikopter MI 17 di Papua Belum Ada Titik Terang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya