Comscore Tracker

Dukung Langkah Erick Thohir, Sandiaga: Tapi Jangan Rundung Ari Askhara

Sandiaga mengaku kenal Ari Askhara sejak jadi bankir

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno turut mengomentari petinggi kasus sejumlah petinggi direksi Garuda Indonesia menyalahgunakan kekuasaan.

"Sangat memprihatinkan ya, dan ini membuat miris hati kita bahwa penyalahgunaan wewenang dan pelanggaran hukum dilakukan oleh petinggi-petinggi yang mestinya jadi role model," kata Sandi dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (8/12).

1. Sandiaga mengapresiasi langkah tegas Menteri BUMN Erick Thohir

Dukung Langkah Erick Thohir, Sandiaga: Tapi Jangan Rundung Ari AskharaSandiaga Uno saat berada di Universitas Airlangga, Jumat (29/11). (IDN Times/Fitria Madia)

Meski miris, Sandiaga mengapresiasi langkah tegas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang mencopot Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara.

Sandi menilai langkah Erick sudah tepat, sebagai upaya supremasi hukum bagi siapa pun tanpa pandang bulu. Karena itu patut menjadi satu contoh. Karena jika sebagai kepala saja, Menteri BUMN tidak memberi contoh baik maka akan memberi contoh buruk pada bawahnya.

"Langkah Pak Erick tepat dan mengirimkan pesan yang jelas. Bahwa siapa pun itu yang melakukan, tidak ada yang above the law," ujar mantan pengusaha di bidang keuangan itu.

Baca Juga: Erick Thohir Bersih-bersih Kementerian BUMN, Ekonom: Itu Tidak Politis

2. Pembenahan BUMN tak cukup di tingkat atas

Dukung Langkah Erick Thohir, Sandiaga: Tapi Jangan Rundung Ari AskharaMantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Ari Askhara. (IDN Times/Helmi Shemi)

Namun, Sandiaga menyebutkan, pembenahana BUMN tak cukup pencopotan di jajaran direksi yang bermasalah, tapi harus dilakukan sampai tingkat bawah. Caranya melalui sistem sesuai Undang-Undang BUMN dan Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945.

"Saya melihat BUMN ini tata kelola perusahaannya, good corporate governance-nya perlu terus diperbaiki ke depan karena mereka adalah milik negara dan milik rakyat, sehingga mereka harus bertanggung jawab juga kepada rakyat," kata dia.

3. Sandiaga mengenal kiprah Ari Askhara sejak menjadi seorang bankir

Dukung Langkah Erick Thohir, Sandiaga: Tapi Jangan Rundung Ari AskharaSandiaga Uno saat berada di Universitas Airlangga, Jumat (29/11). (IDN Times/Fitria Madia)

Sandiaga mengaku mengenal kiprah Ari Ashkara yang cemerlang, mulai menjadi seorang bankir hingga sekarang menjadi direktur utama PT Garuda Indonesia. Meski punya rekam jejak cemerlang, kata dia, bukan lantas Ari menjadi imun terhadap perilakunya.

Karena itu, Sandiaga meminta masyarakat menilai kasus tersebut secara proporsional, karena ada begitu banyak kasus yang sama, dan menjadikan kasus Ari Askhara sebagai refleksi agar tidak terulang kembali.

"Saya ucapkan dukungan saya kepada Pak Erick dan melihat kasus ini jangan betul-betul dihancurkan dia (Ari Ashkara), dirundung (bully) habis-habisan, tapi dijadikan contoh agar kejadian tidak terulang lagi," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Ini 7 Pejabat Eselon I Kementerian BUMN yang Dicopot Erick Thohir

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya