[FOTO] Salat Idulfitri di Berbagai Daerah di Tengah Pandemik COVID-19

Sebagian besar umat Muslim tak menjaga jarak saat salat Ied

Jakarta, IDN Times - Umat Muslim di seluruh dunia hari ini serentak melaksanakan salat Idulfitri, termasuk di Indonesia. Ini menjadi perayaan Idulfitri yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena masyarakat dunia tengah menghadapi pandemik virus corona atau COVID-19.

Di Indonesia, pemerintah menganjurkan umat Muslim melaksanakan salat Idulfitri di rumah, khususnya di wilayah zona merah. Tapi ada juga sebagian masyarakat yang menggelar salat Ied di masjid atau tempat tertentu seperti di tanah lapang atau jalanan.

Masyarakat juga masih ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona, seperti menjaga jarak dan mamakai masker saat melaksanakan salat Ied. Berikut deretan potret salat Idulfitri di berbagai daerah mulai Jakarta, Tasikmalaya, Surabaya, Sumatera Barat, dan Aceh, seperti hasil jepretan jurnalis Antara Foto.

1. Meski MUI dan pemerintah menyarankan pemakaian masker dan jaga jarak saat salat Idulfitri di luar rumah, masih ada yang tidak mengikuti imbauan ini

[FOTO] Salat Idulfitri di Berbagai Daerah di Tengah Pandemik COVID-19Umat Muslim melaksanakan ibadah salat Idulfitri 1441 Hijriah di halaman Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Baca Juga: [LINIMASA-2] Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di Indonesia

2. Sebagian masyarakat juga masih banyak yang tidak mengenakan masker saat salat Idulfitri

[FOTO] Salat Idulfitri di Berbagai Daerah di Tengah Pandemik COVID-19Umat Muslim memadati Masjid Raya Baiturrahman untuk melaksanakan ibadah salat Idulfitri di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

3. Semoga umat Muslim dan masyarakat Indonesia dilindungi wabah virus corona ya

[FOTO] Salat Idulfitri di Berbagai Daerah di Tengah Pandemik COVID-19Ribuan umat Muslim melaksanakan salat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah di Masjid Agung Islamic Center, Lhokseumawe, Aceh. Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/Rahmad)

4. Tak hanya di Aceh, di Sumbar juga masih banyak umat Muslim tidak memakai masker saat melaksanakan salat Ied di masjid

[FOTO] Salat Idulfitri di Berbagai Daerah di Tengah Pandemik COVID-19Umat Muslim melaksanakan salat Ied di sebuah masjid di Padang, Sumatera Barat, Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

5. Umat Muslim di Jakarta pun yang notabene ibu kota masih banyak yang tak memakai masker saat salat Ied

[FOTO] Salat Idulfitri di Berbagai Daerah di Tengah Pandemik COVID-19Umat Muslim melaksanakan ibadah salat Idulfitri 1441 Hijriah di Masjid Annawier, Pekojan, Jakarta Barat, Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

6. Di Tasikmalaya umat Muslim sebagian besar terlihat memakai masker, tapi tidak menjaga jarak

[FOTO] Salat Idulfitri di Berbagai Daerah di Tengah Pandemik COVID-19Ribuan umat Muslim mengikuti salat Idulfitri di Jalan Raya KH Zaenal Musatafa, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/Adeng Bustom)

7. Di Surabaya juga umat Muslim tidak menjaga jarak saat melaksanakan salat Ied

[FOTO] Salat Idulfitri di Berbagai Daerah di Tengah Pandemik COVID-19Umat Muslim menunaikan salat Idulfitri 1441 H di Masjid AL-Mabrur, Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (24/5). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Semoga penularan virus corona di Indonesia tidak bertambah ya, setelah Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Penting! 25 Hal tentang Virus Corona di Indonesia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya