Libur Hari Raya Nyepi, Lalu Lintas di Puncak Bogor Ramai Lancar

Kendaraan wisatawan didominasi dari Jabodetabek

Jakarta, IDN Times - Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, saat libur Hari Raya Nyepi, Kamis (3/3/2022), terpantau ramai lancar. Tidak terlihat antrean kendaraan, namun puluhan petugas disiagakan di titik rawan kemacetan guna mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas.

Dilansir ANTARA, sejak pagi hingga petang, volume kendaraan yang melintas di sepanjang jalur Puncak-Cianjur, meningkat didominasi kendaraan dari luar kota bernopol ganjil dengan tujuan sejumlah tempat wisata di kawasan Cipanas.

Selain itu, tidak terlihat antrean panjang kendaraan seperti libur panjang akhir pekan lalu, yang terjadi kemacetan hingga belasan jam akibat sejumlah kendaraan mogok.

1. Lalu lintas padat dan banyak kendaraan dari luar kota

Libur Hari Raya Nyepi, Lalu Lintas di Puncak Bogor Ramai LancarIlustrasi kemacetan di jalur Puncak, Bogor. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Meningkatnya angka kunjungan saat libur Nyepi, terlihat di tempat wisata seperti Savilage-Puncak, Kebun Raya Cibodas, dan Taman Bunga Nusantara. Ratusan kendaraan terlihat di area parkir tempat wisata itu, mulai dari kendaraan pribadi hingga bus pariwisata. Termasuk area parkir rumah makan dan hotel, dipadati kendaraan dari luar kota.

"Kalau volume kendaraan yang melintas cukup padat, namun tidak sampai menyebabkan macet seperti libur panjang pekan lalu. Arus dari kedua arah lancar, hanya tersendat di jalan menuju tempat wisata seperti Puncak, Pertigaan Cibodas dan Hanjawar," kata Kasatlantas Polres Cianjur AKP Mangku Anom.

2. Sejumlah petugas disiagakan untuk antisipasi kemacetan

Libur Hari Raya Nyepi, Lalu Lintas di Puncak Bogor Ramai LancarIlustrasi Jalan Raya Puncak, Bogor. (IDN Times/Sunariyah)

Anom mengatakan, puluhan petugas disiagakan di sejumlah titik rawan kemacetan di kawasan Puncak-Cipanas, sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan wisatawan, terutama saat tempat wisata mulai tutup.

"Rekayasa arus akan dilakukan, namun sifatnya situasional. Kami akan berkoordinasi dengan Polres Bogor, sebelum melakukan sistem satu arah, ketika mulai terlihat antrean, namun perkiraan, arus lalu lintas pada libur Nyepi tidak setinggi libur panjang pekan lalu, " katanya.

3. Tempat wisata menerapkan protokol kesehatan

Libur Hari Raya Nyepi, Lalu Lintas di Puncak Bogor Ramai LancarIlustrasi aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sementara, staf humas Kebun Raya Cibodas, Heri, mengatakan meski terlihat peningkatan kunjungan saat libur Hari Raya Nyepi, namun tidak setinggi saat libur sebelumnya. Wisatawan yang datang sejak pagi hingga sore, didominasi dari Jabodetabek, terlihat dari nomor kendaraan.

"Tingkat kunjungan masih tinggi, namun tidak setinggi minggu sebelumnya yang mencapai belasan ribu orang. Kami masih tetap menerapkan prokes ketat dan wisatawan yang datang wajib menujukan scan barcode di aplikasi PeduliLindungi. Untuk jumlah masih dibatasi 50 persen dari kapasitas," katanya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya