Comscore Tracker

Massa Masih Duduki Jalanan Sorong, Polisi Buka Blokade Jalan

Situasi di Papua Barat masih kondusif

Jakarta, IDN Times - Sejumlah massa demonstran di Sorong, Papua Barat, masih melakukan aksi di jalanan dan memblokade jalan. Polisi berusaha membuka blokade tersebut. Aksi blokade jalan diduga buntut dari penanganan sejumlah mahasiswa di Jawa Timur beberapa hari lalu, yang disebut-sebut bernada rasis.

Laporan langsung jurnalis Kompas TV, Senin (19/8) menyebutkan, massa masih berada di jalanan. Namun situasi di Papua Barat masih kondusif.

Kerusuhan di Manokwari bermula dari sejumlah mahasiswa menggelar long march dan demonstrasi di sekitar gedung DPRD Papua Barat. Mereka berunjuk rasa terkait dugaan tindak rasisme saat penanganan mahasiswa Papua di Semarang, Malang, dan Surabaya.

Selain unjuk rasa, mereka membakar gedung DPRD Papua Barat dan eks rumah gubernur, serta memblokade sejumlah jalan dengan membakar ban bekas di tengah jalan. Akibatnya lalu lintas lumpuh hingga situasi di Manokwari menegang. Akibat kerusuhan ini, beberapa polisi juga terluka.

Aksi unjuk rasa juga meluas ke sejumlah daerah di Papua seperti Jayapura, Sorong, hingga Merauke. Namun situasi di Papua sekarang ini berangsur kondusif. Massa mulai membubarkan diri kembali ke tempat masing-masing.

Baca Juga: Gubernur Jatim Minta Maaf soal Kasus Penggerebekan Mahasiswa Papua

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You