Comscore Tracker

Mirip Embrio 4 Bulan, Ini Penampakan Penajam Paser Utara dari Satelit

Kalau Kutai Kartanegara mirip apa ya?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya menetapkan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, sebagai ibu kota baru Indonesia, hari ini, Senin (26/8).

Ada lima alasan yang membuat Jokowi memilih dua kabupaten itu sebagai ibu kota baru. Di antaranya bebas dari bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, dan gunung berapi. Selain itu, dua wilayah ini juga berada di tengah-tengah Indonesia dan memiliki tanah yang luas.

Selain faktor-faktor tersebut, ternyata dua kabupaten itu memiliki keunikan tersendiri, jika dilihat dari penampakan satelit Google Map. Khususnya Kabupaten Penajam Paser Utara yang terlihat menyerupai embrio berumur empat bulan di kandungan.

Sementara, Kabupaten Kutai Kartanegara lebih menyerupai rasi bintang Ursa Minor. Ursa Minor atau berarti burung kecil adalah rasi bintang di antariksa sebelah utara yang berbentuk mirip Ursa Mayor, hanya bentuknya lebih kecil.

Ursa Minor mempunyai tujuh bintang. Di antaranya bintang Ursa Minoris yang disebut juga bintang Polaris, karena letaknya tepat di atas titik Kutub Utara. Bintang Polaris untuk menentukan petunjuk arah utara atau mencari letak lintang atau lebar geografis di sebelah utara equator. Misalnya, bintang Polaris tampak 400 di atas horison, maka tempat pengamatan tersebut terletak pada 400 Lintang Utara (LU).

Bagaimana penampakan dua kabupaten itu dilihat dari satelit?

Baca Juga: Ibu Kota Baru di Kaltim Lebih Luas 3 Kali Lipat Dibanding DKI Jakarta

1. Kabupaten Penajam Paser Utara terlihat menyerupai embrio berumur empat bulan di kandungan

Mirip Embrio 4 Bulan, Ini Penampakan Penajam Paser Utara dari SatelitSatelit Google Map

2. Kabupaten Kutai Kartanegara mirip rasi bintang Ursa Minor

Mirip Embrio 4 Bulan, Ini Penampakan Penajam Paser Utara dari SatelitSatelit Google Map

3. Nah, kalau wilayah Kalimantan Timur mirip apa ya?

Mirip Embrio 4 Bulan, Ini Penampakan Penajam Paser Utara dari SatelitSatelit Google Map

Entah itu kebetulan atau sengaja dimirip-miripkan, yang jelas ibu kota baru nanti bisa menjadi harapan baru Indonesia yang membawa kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Bagaimana menurut pendapat kamu guys?

Baca Juga: Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini Konsep Infrastruktur Kementerian PUPR

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya