Naik KA Pangrango Bogor-Sukabumi Kini Ditempuh Cuma 2 Jam

Awal Mei 2022 Bogor-Sukabumi hanya 1 jam 20 menit

Jakarta, IDN TimesDirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri mengatakan pengerjaan rel ganda Kereta Api (KA) Pangrango Bogor-Sukabumi, bertujuan untuk mempercepat waktu tempuh.

Dari 11 stasiun yang dilewati KA Pangrango Bogor-Sukabumi, mulai dari Stasiun Paledang Kota Bogor hingga Stasiun Sukabumi, pada tahap pertama telah menghemat waktu di enam stasiun yakni Stasiun Paledang, Stasiun Batutulis di Kota Bogor, dan Stasiun Maseng, Stasiun Ciomas, Stasiun Cigombong di Kabupaten Bogor, serta Stasiun Cicurug di Kabupaten Sukabumi.

Operasional KA Pangrango pada tahap pertama ini masih dilakukan pada satu jalur, dengan peningkatan kecepatan dan jumlah rangkaian kereta dari lima menjadi delapan rangkaian.

Baca Juga: KA Pangrango Bogor-Sukabumi Besok Mulai Beroperasi, Cek Jadwalnya

1. Waktu tempuh Bogor-Sukabumi kini hanya dua jam

Naik KA Pangrango Bogor-Sukabumi Kini Ditempuh Cuma 2 JamKA Pangrango (Dok. PT KAI)

Zulfikri memaparkan pada rute perjalanan KA Pangrango, telah mengurangi waktu tempuh empat hingga enam jam dari Bogor ke Sukabumi, dan kini hanya 120 menit atau dua jam.

Kemenhub menargetkan pengerjaan jalur ganda yang sudah 96 persen, akan selesai pada akhir April 2022, sehingga pada awal Mei 2022 pengoperasian KA Pangrango sudah bisa di dua jalur sekaligus Bogor-Sukabumi.

Dengan pembangunan jalur ini, menurut Zulfikri, akan lebih menghemat waktu kembali dari 120 menit menjadi 80 menit, dari Stasiun Paledang hingga ke Stasiun Cicurug.

2. Revitalisasi lima stasiun selanjutnya belum dilakukan

Naik KA Pangrango Bogor-Sukabumi Kini Ditempuh Cuma 2 JamKA Pangrango (Dok. PT KAI)

Sementara pemberdayaan kembali atau revitalisasi lima stasiun selanjutnya dari Stasiun Parungkuda, Stasiun Cibadak, Stasiun Karang Tengah, Stasiun Cisaat dan Stasiun Sukabumi di Kota Sukabumi, belum dilakukan. Karena, kata Zulfikri, mengukur jumlah antusiasme warga atau permintaan warga terhadap operasional kereta untuk melayani aktivitas mereka.

Zukfikri mengungkapkan pada rute Stasiun Cicurug ke Stasiun Paledang sudah cukup banyak, sejak pagi hari dari pukul 04.00 WIB untuk lanjut ke arah Jakarta.

"Saat ini kita masih konsentrasi Bogor Cicurug. Ya itu tadi pergerakan orang komuter cukup tinggi di Cicurug ke arah Bogor," jelasnya. saat meninjau operasional pertama KA Pangrango Bogor-Sukabumi di Stasiun Paledang, dilansir ANTARA, Minggu (10/4/2022). 

Baca Juga: Jangan Takut Kehabisan, KAI Bakal Tambah Tiket Tambahan Buat Mudik 

3. Alasan operasional KA Pangrango dihentikan delapan bulan

Naik KA Pangrango Bogor-Sukabumi Kini Ditempuh Cuma 2 JamKA Pangrango (Dok. PT KAI)

Kemenhub juga mengungkapkan alasan menghentikan sementara operasional KA Pangrango Bogor-Sukabumi selama lebih dari delapan bulan, yakni agar pengerjaan rel ganda sepanjang jalur tersebut cepat selesai. Dia menyebut banyak pengerjaan konstruksi rel ganda yang harus dilakukan terkait tingkat keamanan bagi semua pihak.

"Sementara kalau tidak diberhentikan, memang dulu akan panjang (rel) ini kilometernya. Tapi alhamdulillah ini sudah kita selesaikan dan kita operasikan, ini adalah tahap pertama dari pekerjaan double track Bogor-Sukabumi," kata Zukfikri.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya