RI Terima 2 Juta Vaksin Sinovac Bantuan dari China

China telah ekspor 215 juta dosis vaksin ke Indonesia

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali menerima 1 juta dosis vaksin Sinovac bantuan pemerintah China dan 1 juta dosis vaksin tambahan dari produsen Sinovac secara gratis.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan hingga 24 September 2021, Indonesia telah mengamankan total 273.603.790 dosis vaksin COVID-19.

“Dengan kedatangan-kedatangan vaksin ini maka di titik kedatangan, total vaksin yang telah tiba di Indonesia berjumlah 273.603.790 dosis, baik dalam bentuk vaksin jadi maupun vaksin curah,” kata Retno saat menyampaikan keterangan pers secara virtual tentang kedatangan vaksin tersebut, dilansir ANTARA, Jumat (24/9/2021).

1. Mesin diplomasi RI terus bekerja untuk penuhi vaksin dalam negeri

RI Terima 2 Juta Vaksin Sinovac Bantuan dari ChinaIlustrasi kedatangan vaksin COVID-19 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (IDN Times/Maya Aulia)

Retno mengatakan mesin diplomasi Indonesia terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah China atas dukungan dan kerja sama dalam pengadaan vaksin COVID-19.

Pada kesempatan sama, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menjelaskan, sumbangan vaksin tersebut merupakan upaya pemerintah China untuk mendukung perjuangan Indonesia melawan COVID-19.

Agustus lalu, China telah menyumbangkan 120 ventilator, 400 generator oksigen, dan pasokan medis lainnya kepada Indonesia.

“Di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo dan upaya bersama rakyat Indonesia, China percaya bahwa Indonesia akan mengalahkan pandemik secepatnya dan memulihkan pembangunan ekonomi dan sosial,” kata Dubes Xiao Qian.

2. China telah mengekspor 215 juta dosis vaksin ke Indonesia

RI Terima 2 Juta Vaksin Sinovac Bantuan dari ChinaIlustrasi kedatangan vaksin COVID-19 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (IDN Times/Maya Aulia)

Perusahaan farmasi China yaitu Sinovac dan Sinopharm telah mengekspor 215 juta dosis vaksin COVID-19 ke Indonesia, atau sekitar 20 persen dari total vaksin yang diekspor China ke negara-negara lain.

Vaksin dari China juga mencakup 80 persen dari total vaksin COVID-19 yang diamankan Indonesia.

“Sejak pandemik COVID-19 dimulai, China dan Indonesia telah saling mendukung dalam memerangi penyakit tersebut,” kata Xiao Qian.

Dia menjelaskan ada lima perusahaan vaksin China telah bekerja sama dengan Indonesia dalam riset dan pengembangan, pengadaan, dan produksi melalui berbagai teknologi seperti inaktivasi virus, proteion rekombinan, adenovirus activator, serta vaksin mRNA.

3. China juga bantu Indonesia bangun pusat pembuatan vaksin

RI Terima 2 Juta Vaksin Sinovac Bantuan dari ChinaIlustrasi vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Lebih lanjut, Xiao Qian mengatakan, China secara aktif mendukung Indonesia untuk membangun pusat pembuatan vaksin regional.

“Diyakini dalam waktu dekat, Indonesia tidak hanya bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, tetapi juga bisa mengekspor vaksin,” tutur dia.

Kerja sama vaksin antara China dengan Indonesia sesuai dengan prinsip yang disampaikan Presiden Xi Jinping dalam Sidang ke-76 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, bahwa “vaksin perlu dijadikan barang publik global” yang aksesibiltas dan keterjangkauannya di negara berkembang harus dipastikan.

Merujuk pada pernyataan tersebut, Dubes Xiao Qian mengklaim, China akan menjunjung tinggi visi komunitas kesehatan global untuk semua dan mendukung Indonesia memerangi COVID-19.

“China akan terus melakukan apa yang bisa dilakukan untuk mendukung Indonesia dan upaya (penanganan) pandemiknya,” ujar dia.

Xiao Qian juga mengumumkan komitmen pemerintah China menyumbangkan 1 juta dosis vaksin COVID-19 kepada Indonesia, menyusul kedatangan 1 juta dosis vaksin Sinovac dari China di Bandara Soekarno-Hatta hari ini.

Diketahui, pada 21 September lalu, Indonesia juga menerima sumbangan 200 ribu dosis vaksin jadi Sinovac dari Red Cross Society di China atau Palang Merah China.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya