Survei PRC: Sandiaga Uno Capres Alternatif Pilpres 2024

Sandiaga paling unggul dari keempat capres alternatif

Jakarta, IDN Times - Survei Politika Research and Consulting (PRC) menempatkan nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berpotensi menjadi calon presiden (capres) alternatif pada Pilpres 2024.

"Dari temuan survei PRC, setidaknya ada empat nama (Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Tri Rismaharini) yang dianggap layak dipilih atau dipertimbangkan menjadi calon alternatif," kata Peneliti PRC Rio Prayogo dilansir ANTARA, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: Survei PRC: Prabowo Jadi Capres, Sandiaga Cawapres

1. Sandiaga berada di posisi teratas dari keempat capres alternatif

Survei PRC: Sandiaga Uno Capres Alternatif Pilpres 2024Pasangan calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2019 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Rio Prayogo mengatakan ada tiga nama besar jelang Pilpres 2024, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun, masih ada nama-nama lain yang berpotensi menjadi figur alternatif.

Rio mengatakan keempat tokoh tersebut masih berpeluang meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya sebelum Pilpres 2024. Sandiaga berada di posisi teratas dari keempat capres alternatif tersebut.

"Dari keempat nama tersebut, Sandiaga Uno memiliki level elektoral paling tinggi (7 persen) dan dianggap layak mengisi etalase politik menjelang Pilpres 2024," kata dia.

2. Elektabilitas Sandiaga sempat turun usai Pilpres 2019

Survei PRC: Sandiaga Uno Capres Alternatif Pilpres 2024Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Rio mejelaskan elektabilitas Sandiaga sempat menurun seusai Pilpres 2019. Kendati, elektabilitas kembali naik sejak dilantik sebagai Menparekraf, seiring dengan kinerjanya yang baik di mata masyarakat.

"Sandiaga Uno sepertinya punya 'playing ground' baru dan dari sana masyarakat mendapatkan kesan positif. Kinerjanya diapresiasi oleh masyarakat," kata dia.

3. Survei melibatkan 1.220 responden

Survei PRC: Sandiaga Uno Capres Alternatif Pilpres 2024Ilustrasi responden (IDN Times/Aditya Pratama)

Survei ini dilakukan pada pada 8 Oktober-4 November 2021. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling yang melibatkan responden 1.220 orang.

Sedangkan toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka.

Baca Juga: Survei DTS: Prabowo Capres 2024 Paling Dikenal Masyarakat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya