Tuntut Upah Layak, Buruh: "Gaji Ora Mundak-mundak Istri Galak"

Demo buruh berlangsung singkat

Jakarta, IDN Times -  Para buruh dari berbagai aliansi organisasi buruh menggelar aksi unjuk rasa di dekat Gedung DPR/MPR RI, Rabu (2/10) siang. Massa buruh sempat meminta untuk bertemu dengan Ketua DPR RI yang baru Puan Maharani untuk menyampaikan tuntutan mereka.

Tiga hal yang disampaikan para buruh dalam aksi unjuk rasa tersebut adalah penolakan terhadap kenaikan iuran BPJS Kesehatan, revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dan upah murah melalui pencabutan PP 78 tentang Pengupahan.

Berdasarkan pantauan IDN Times, mereka ada yang membawa sejumlah bendera organisasi buruh dan bendera merah putih. Tak hanya itu, di antara mereka juga ada yang membawa poster tuntutan mereka.

Di antara berbagai poster tuntutan, ada pula yang bernuansa humor satire yang berisi sindiran soal tuntutan kenaikan gaji.

"Gaji ora mundak-mundak, istri galak," isi salah satu poster yang kurang lebih berarti "Gaji gak naik-naik, istri pun galak."

Meski demikian aksi unjuk rasa kali ini tak berlangsung lama. Massa yang mulai bergerak sejak kurang lebih pukul 10.00 WIB membubarkan diri lewat tengah hari sekitar pukul 12.30.

Baca Juga: Demo Buruh di DPR Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya