Willy Aditya: NasDem, PKS dan Demokrat Siapkan Cawapres Anies

Pertemuan Anies dan AHY belum ada kesepakatan soal cawapres

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, mengklaim telah membentuk tim khusus bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat, untuk menyiapkan sosok cawapres pasangan Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Komunikasi intensif dengan Demokrat dan PKS, kami sudah buat tim khusus yang melakukan pendalaman-pendalaman secara platform cawapres," ujar Willy dilansir ANTARA, Senin malam (10/10/2022).

Baca Juga: Relawan Minta Jokowi Copot 3 Menteri dari NasDem karena Dukung Anies

1. Anies jadi benang merah kesepakatan NasDem, PKS, dan Demokrat

Willy Aditya: NasDem, PKS dan Demokrat Siapkan Cawapres AniesGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berdiri bersama Ketua Umum partai nasdem Surya Paloh, pada 24 Juli 2019. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Meski pembicaraan terkait sosok cawapres masih dinamis, menurut Willy, Demokrat dan PKS sudah sepakat dengan NasDem terkait pencapresan Anies Baswedan.

"Semoga titik terang ini dalam waktu dekat kita bisa umumkan, tapi dinamikanya masih terjadi, ya ada beberapa satu, dua yang masih belum kita sepakati. Tetapi secara garis umum, Anies menjadi benang merah kesepakatan bersama dari tiga partai itu," kata dia.

2. Pertemuan Anies dengan AHY belum ada kesepakatan soal cawapres

Willy Aditya: NasDem, PKS dan Demokrat Siapkan Cawapres AniesKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Willy menegaskan pertemuan Anies dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu, belum menjadi penentu sosok cawapres pendamping Anies.

"Sejauh ini masih terus berkembang, kita lihatlah nanti siapa, kan masih ada waktu yang panjang," ujarnya.

Kendati, kata Willy, internal NasDem sejak awal mempersilakan Anies menentukan sendiri sosok cawapres yang bakal mendampinginya pada Pemilu 2024.

"Kalau dari NasDem, dari perspektif NasDem kami serahkan pada Pak Anies untuk memilih dan menentukannya," katanya.

Baca Juga: Kader NasDem Dinilai Mundur karena Khawatir Anies Pakai Politik SARA

3. NasDem tidak akan ajukan kadernya untuk pendamping Anies

Willy Aditya: NasDem, PKS dan Demokrat Siapkan Cawapres AniesIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Partai NasDem, kata Willy, tidak memiliki preferensi terkait kriteria cawapres pendamping Anies, termasuk tidak akan mengajukan kader internal partai.

Willy berharap cawapres yang akan diusung merupakan sosok yang mampu melengkapi Anies pada Pilpres 2024, sehingga terwujud konsep dwi tunggal.

"Kalau kami ingin 'dwi tunggal', tidak ingin 'kawin paksa', ya sudah saling melengkapi saja," ujar Willy.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya