Comscore Tracker

Di Karawang, FPI dan GMBI Justru Main Bola Bareng

Diikuti juga oleh anggota kepolisian

Dua ormas Indonesia saat ini sedang menyita perhatian publik. Keduanya adalah Front Pembela Islam (FPI) dan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Sudah sepekan terakhir ini dua organisasi ini bersitegang, bahkan saling bentrok. GMBI bahkan mendatangi kantor DPRD Jawa Barat untuk secara langsung meminta FPI dibubarkan.

Meski begitu, sejumlah anggota FPI dan GMBI justru berpartisipasi dalam pertandingan sepak bola di Karawang.

Di Karawang, FPI dan GMBI Justru Main Bola Barengtwitter.com/DPP_GMBI

Seperti diberitakan oleh Tempo, pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, punya cara sendiri untuk mendamaikan GMBI dan FPI. Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari, menjelaskan bahwa pihaknya menggunakan pendekatan olahraga, dalam hal ini sepak bola, agar ketegangan antara kedua ormas bisa mereda. Upaya ini juga dilakukan supaya permusuhan yang sekarang menyelimuti FPI dan GMBI tak sampai menular ke Karawang.

Pertandingan ini sendiri dilaksanakan pada Senin malam (16/1) di Stadion Singaperbangsa. Tak hanya sejumlah anggota GMBI dan FPI distrik Karawang, laga ini juga dihadiri oleh Kepala Kepolisian Resor Karawang, Ajun Komisaris Besar Andi Herindra. Hadir pula Dandim 0604, Letnan Kolonel Ayi Yossa Karya yang ikut merumput bersama para anggota ormas tersebut.

Baca Juga: [VIRAL] Akhirnya Ada Polisi yang Berani Melawan FPI Saat akan Lakukan Sweeping!

Ketua GMBI Karawang mengaku berupaya mencegah bentrokan antara anggotanya dan FPI dengan bantuan pemerintah setempat.

Di Karawang, FPI dan GMBI Justru Main Bola BarengReno Esnir/ANTARA FOTO

Ketua GMBI, Saigi Dewa, mengaku berupaya melakukan tindakan pencegahan agar antagonisme antara kedua ormas tak meluas sampai ke Karawang. Ia mengklaim sudah menenangkan 4.500 anggotanya agar tak tertular amarah yang sedang melanda anggota GMBI lainnya di Jawa Barat.

Saigi pun menyebut pemerintah turut serta dalam upaya ini dengan merangkul baik GMBI maupun FPI. Ini penting sebab saat ini Karawang adalah wilayah dengan jumlah organisasi kemasyarakatan terbanyak di Indonesia. Dari data tahun 2011 saja ada lebih dari 400 ormas yang aktif beroperasi di kabupaten seluas 1.600 km² ini.

Baca Juga: FPI Demo di Depan Mabes Polri, Ini yang Mereka Inginkan

Topic:

Berita Terkini Lainnya